NASIONAL

Bidik Milenial, ACC Siapkan Pembiayaan Kredit Mobil Rp27 Triliun

Jajaran direksi PT Astra Credits Companies ( ACC), dari kiri ke kanan, Chief Finance Officer Hendry Christian Wong, Chief Risk & IT Officer Handoko Liem, Chief Sales & Marketing Officer Tan Chian Hok, jumpa pers usai peluncuran ACC.One, di Jakarta, Jumat (8/2/2019) (ANTARA News/Risbiani Fardaniah)

Jakarta Review, Jakarta – Bidik konsumen milenial, PT Astra Credit Companies (ACC) siapkan pembiayaan kredit, terutama untuk pembelian mobil, dengan angka mencapai Rp27 triliun pada tahun ini.

“Kalau kami lihat dari data, hampir 60-70 persen pelanggan kami ada di rentang usia 35 tahun ke bawah,” kata Chief Sales & Marketing Officer ACC Tan Chian Hok, di Jakarta, Jumat.

Hal itu, menurutnya, cocok dengan tren model mobil baru yang keluar saat ini, yang menggarap pasar kalangan milenial dengan usia produktif di bawah 35 tahun, tinggal di perkotaan, dan dekat dengan perkembangan teknologi digital, termasuk memiliki perangkat telepon pintar lebih dari satu.

Oleh karena itu, untuk memperluas pasar serta memudahkan jangkauan dan layanan pembiayaan, anak perusahaan PT Astra International Tbk itu meluncurkan aplikasi acc.one dengan fitur andalan cari mobil, cari dana, dan layanan pelanggan.

“Jadi mereka tidak perlu lagi datang ke showroom atau datang ke kantor kami untuk menanyakan proses kredit bagaimana, dan lainnya,” kata Tan Chian Hok.

Ia optimistis pasar kendaraan dan kredit pembiayaan akan tumbuh sampai lima tahun ke depan seiring pertumbuhan pendapatan generasi milenial yang merupakan segmen pasar yang penting bagi ACC.

“Pembiayaan akan tumbuh 7-10 menjadi Rp27 triliun persen, maka kami perkirakan laba ACC mungkin akan tumbuh sekitar lima persenan, sekitar Rp1,3 triliun tahun ini,” katanya.

Ia mengakui produk unggulan masih pada pembiayaaan kendaraan yang ada dalam value chain ACC yaitu Toyota, Daihatsu, Isuzu, Lexus, dan lain-lain

Menanggapi pertanyaan apakah ACC akan ikut menerapkan uang muka nol persen untuk kredit kendaraan seperti yang tertuang dalam kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Chief Finance Officer (CFO) Hendry C Wong mengatakan pihaknya masih belum mengeluarkan produk pembiayaan dengan uang muka nol persen.

“Kalau pun kami menerapkan produk itu (uang muka nol persen) pasti sangat selektif, tidak diumumkan terbuka, tapi diberikan kepada pelanggan setia kami dengan rekam jejak pembayaran yang lancar,” katanya.

Sementara itu Direktur Astra Finance Suparno Djasmin mengharapkan ACC terus tumbuh menjadi perusahaan pembiayaan yang inovatif berbasis digital.

Sumber: Antara

Tags
Close