NASIONAL

Calon Walikota Lubuklinggau Gelar Kunjungan ke UKM Binaan Bazis Jakarta Utara

Kunjungan Calon Walikota Lubuklinggau H.Toyib Rakembang,SAg, Selasa 27 Febuari 2018 di Kantor Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (Bazis) Jakarta Utara. Ditemani oleh beberaa pengurus inti Terawulan Indonesia, kunjungan diterima langsung oleh  Kepala Bazis Jakarta Utara Hari Agusti . (win/jakrev.com)

Jakarta Review, Jakarta – Tertarik program pemberdayaan masyarakat di Jakarta Utara yang dikembangkan oleh Terawulan Indonesia (Komunitas Penggerak Oke Oce), Calon Walikota Lubuklinggau dari jalur independen H.Toyib Rakembang,SAg, Selasa 27 Febuari 2018 berkunjung ke Kantor Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (Bazis) Jakarta Utara. Didampingi oleh Pengurus Inti Terawulan Indonesia, lelaki kelahiran 15 Oktober 1975 tersebut diterima langsung oleh Kepala Bazis Jakarta Utara Hari Agusti.

Dalam pertemuan tersebut Alumnus IAIN Imam Bonjol Padang tersebut mendapat pejelasan rinci mengenai berbagai program pemberdayaan masyarakat yang digelar oleh Bazis Jakarta Utara. Termasuk di dalamnya program yang bersinergi dengan Terawulan Indonesia, misalnya dalam pelatihan hidroponik, pembuatan sosis dan pembuatan yoghurt di beberapa Kelurahan yang ada di Jakarta Utara. Selain itu, suami dari  Yulia Marhena, SH ini juga mendapat penjelasan langsung mengenai  Bazis Corner sebagai etalase yang menampung berbagai hasil produk pemberdayaan tersebut.

“Saya tertarik dan ingin belajar mengenai pemberdayaan masyarakat dengan penerapan program Oke Oce di Jakarta Utara yang diterapkan oleh Terawulan Indonesia bekerjasama dengan Bazis Jakarta Utara. Dan Alhamdulillah melalui pertemuan ini, saya mendengar penjelasan yang komprehensif langsung dari sumbernya,” kata Toyib kepada Jakarta Review.

Ingin mendapatkan ilmu yang lebih komprehensif, usai bertemu dengan Kepala Bazis, Ayah 3 anak ini melanjutkan kunjungan ke lokasi tanaman hidroponik di Kantor Kelurahan Pegangsaan Dua. Disini beliau diterima langsung oleh Lurah Peganggsaan Dua M Buang. Kemudian kunjungan berlanjut menuju kelompok binaan usaha sosis dan yoghurt yang masih berada di wilayah Kecamatan Kepala Gading.

Anggota DPRD Kabupaten Musirawas 3 periode tersebut menambahkan, saat ini dirinya sedang serius menyiapkan program sejenis untuk memberdayakan masyarakat di Lubuklinggau. Menurutnya program pemberdayaan ini sangat penting karena masalah ketenagakerjaan dalam hal ini pengangguran dan kemiskinan masih menjadi persoalan serius di Lubuklinggau.

“Sebagai calon walikota disana, saya ingin menjawab tantangan tersebut dengan menyiapkan program pemberdayaan masyarakat kecil yang konkrit dan aplikatif,” ujar Toyib.

Kunjungan ke lokasi binaan usaha sosis Terawulan Indonesia yang ada di Kelapa Gading. (Dok Terawulan Indonesia)

Kepala Bazis Jakarta Utara Hari Agusti mengapresiasi kunjungan yang dilakukan oleh Calon Walikota Lubuklinggau tersebut. Paling tidak kunjungan tersebut mengkonformasi bahwa program pemberdayaan masyarakat yang telah dijalankan oleh Bazis diakui oleh pihak luar.

“Kami terbuka menerima kunjungan dari pihak manapun. Apalagi kalau kunjungan tersebut diniatkan untuk belajar mengenai program yang kami jalankan,” tutur Hari.

Senada dengan Hari, Ketua Terawulan Indonesia, Diyan Setiawati juga mengapresiasi kunjungan yang dilakukan oleh Calon Walikota Lubuklinggau tersebut.

“Kami siap, apabila kedepan selepas kunjungan ini, Calon Walikota Lubuklinggau tersebut masih membutuhkan penjelasan dan bimbingan lanjutan untuk menerapkan program serupa di Lubuklinggau,” tandasnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close