DIDAKTIKA

Ideal Gandeng LSPR Gelar Ideal-dramakalaFest

Salah satu peserta “IDEAL-dramakalaFest” sedang menunjukkan kebolehannya. (Dok Humas LSPR Jakarta) 

Jakarta Review, Jakarta – IDEAL (Asosiasi Pendidik Drama Indonesia) kembali mengadakan “IDEAL-dramakalaFest” pada 22-24 Februari 2018, mulai pukul 10.00-22.00, di Prof. Djajusman Auditorium & Performance Hall-LSPR Jakarta Kampus B.

“IDEAL-dramakala Fest” mengusung dua kompetisi yaitu kompetisi Drama Pendek dan kompetisi Monolog. Sebanyak 20 peserta drama pendek dan 15 peserta monolog dari berbagai daerah di Indonesia tampil berkompetisi untuk memperebutkan piala bergilir “IDEAL-dramakala Award” dan “Piala Prita”.

General Manager IDEAL Renata Tirta Kurniawan mengatakan tujuan dari acara ini adalah mendukung dan memajukan pengembangan pendidikan drama dan pertunjukan, menjalankan program aksi untuk pengembangan keterampilan pendidik drama Indonesia yang efektif sesuai dengan tujuan IDEAL,  menyediakan wadah bagi pelaku dan pecinta teater dan drama untuk berkarya dan berkompetisi, dan merayakan hari jadi IDEAL yang ke tujuh, sejak diresmikannya pada 18 Februari 2011.

Hadir sebagai juri drama pendek adalah Harris Priadie Bah, Irwan Jamal, dan Tatang RM dan untuk kategori monolog adalah Arswendo Atmowiloto, Rudolf Puspa, dan Yan Daryono.

“Seiring berjalannya waktu, kompetisi IDEAL-dramakalaFest kini semakin diminati oleh insan teater. Begitu banyak yang mendaftar untuk ikut menjadi peserta baik untuk kategori drama pendek maupun monolog bahkan kali ini peserta ada yang datang dari Surabaya serta Padang.” Ujar Renata dalam keterangan resminya yang diterima Jakarta Review, Minggu, 25 Febuari 2018.

Ia menambahkan para pemenang IDEAL-dramakala Fest dibagi menjadi beberapa kategori yaitu Drama Pendek Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Sutradara Terbaik dan juga Monologer Terbaik. Para pemenang akan mendapatkan piala, sertifikat dan hadiah berupa uang tunai dengan total Rp 24.000.000. Istimewanya, mulai tahun ini, para pemenang juga akan mendapatkan piala PRITA, yang diambil dari nama penggagas IDEAL, Prita Kemal Gani. Beliau juga memberikan dana hibah sejumlah Rp 16.500.000 tentunya dengan syarat, dana tersebut harus digunakan kembali untuk membuat sebuah pertunjukkan.

Adapun pemenang IDEAL – dramakalaFest kali ini adalah sebagai berikut:

Kategori Drama Pendek Terbaik:

  1. Teater GBB Banten
  2. Teater Grates
  3. Teater Prabu Bogor
  4. Lovepink
  5. Teater Korek Bekasi

Kategori Aktor Terbaik:

  1. Hendri (Teater Think ID)
  2. Ade Ika Nurmaya (Teater Gates)
  3. Penulis (Teater Sapta)
  4. Timmy Setiya Jaya (Saint Nich School)
  5. Teguh Priyono (Teater Nusantara)

Kategori Aktris Terbaik:

  1. Lia (Teater DNA)
  2. Rusida (Lovepink)
  3. Fina Groygem (Sanggar Ruang)
  4. Emak (Teater Repensie)
  5. Riry Asaad (Teater Atom)

Kategori Sutradara Terbaik:

  1. Giri Mustika (Teater GBB Banten)
  2. DC . Aryadi (Teater Grates)
  3. Laksmi Notokusumo (Lovepink)
  4. Gultom TW (Teater/ Sanggar Ruang)
  5. Dian Ardiansyah (Prabu Bogor)

Kategori Monologer Terbaik:

  1. Novia Rossa – Jakarta (PEMENANG)
  2. Maya Sandita – Padang
  3. Mahdalena – Bogor
  4. Ma’rifatul – Surabaya
  5. Ikhsan Satria – Padang

Sekedar informasi Piala Prita merupakan sebuah bentuk penghargaan kepada para insan teater dengan skala nasional dan juga sebagai salah satu upaya pelestarian budaya dan seni pertunjukkan yang kerap kali kesulitan menggelar sebuah pertunjukkan dikarenakan minimnya biaya. Hal ini juga didukung oleh Galeri Indonesia Kaya yang turut mendukung dengan menyediakan tempat pertunjukkan.

Sementara IDEAL adalah sebuah asosiasi pendidik drama Indonesia yang mendukung dan memajukan pengembangan pendidikan drama yang juga memilki fungsi sebagai terapi dan pertunjukan. IDEAL berkomitmen untuk menjalankan program aksi untuk pengembangan keterampilan pendidik drama Indonesia yang efektif. IDEAL telah diresmikan pada tanggal 18 Februari 2011 di London School of Public Relations (LSPR)-Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Bapak Arswendo Atmowiloto, Bapak Slamet Rahardjo, Ibu Ratna Riantiarno, dan pentas monolog oleh Bapak Butet Kertaredjasa. Kehadiran para pegiat drama Indonesia ini yakni untuk memberikan dukungan nyata terhadap IDEAL. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close