DIDAKTIKA

Kejar Akreditasi A, Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta Lakukan Upaya Ini…

Pemberian kenangan-kenangan untuk Dekan FK UPN “Veteran” Jakarta dr. Mariono Reksoprodjo, SpOG, SpKP (K) yang diberikan oleh dr Bethari dan dr Danar sebagai perwakilan dokter yang baru disumpah. Kenang-kenangan diberikan karena  dr. Mariono Reksoprodjo, SpOG, SpKP (K) akan segera mengakhiri tugasnya sebagai Dekan. (Sigit Artpro)

Jakarta Review – Senat Akademik Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta baru saja menggelar Acara Pelantikan  dan Angkat Sumpah 33 Dokter Angkatan 52 Tahun 2017 di Gedung Graha Adhya Wicaksana Pondok Labu, Jakarta Selatan, 25 Oktober 2017. Dengan demikian hingga saat ini, FK UPN “Veteran” Jakarta telah meluluskan 2184 dokter dan seluruhnya telah bekerja, baik di Instansi Pemerintah, TNI, Polri dan Swasta demikian sambutan Dekan FK UPN “Veteran” Jakarta dr. Mariono Reksoprodjo, SpOG, SpKP (K).

Tak ingin berpuas diri, kini Senat Akademik Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta terus berupaya meningkatkan mutu FK UPNVJ, terutama untuk mengejar akreditasi A. Misalnya menambah jumlah dosen sehingga ratio antara dosen dan mahasiswa menjadi ideal sesuai dengan ketentuan Dikti. Selain itu, juga menambah jumlah produk-produk penelitian yang selama ini masih kurang karena terimbas dari belum tercapainya tercapainya ratio dosen mahasiswa ideal tersebut.

Selain itu, kami juga mengajak sejawat-sejawat dokter spesialis S2/Magister yang berminat alumni maunpun non alumni untuk bergabung di FK UPNVJ.

“Kami bersyukur animo dari sejawat-sejawat dokter spesialis S2/Magister yang berminat untuk bergabung di FK UPNVJ cukup besar hal ini menambah optimisme kami untuk melakukan reakreditasi dengan target mendapatkan hasil akreditasi A di tahun 2018, sehingga FK UPNVJ bersama-sama rumah sakit-rumah sakit pendidikannya, dapat mulai melaksanakan pendidikan spesialis,” tuturnya.

Lebih daripada itu, sejak 20 Mei 2016 lalu, FKUPNVJ juga telah meresmikan pusat kajian stemcell dan rekayasa jaringan. Harapannya setelah peralatannya lengkap akhir tahun 2017, kami berharap dapat mulai melakukan kegiatannya secara optimal.

FK UPNVJ dalam waktu dekat akan memiliki alat praktikum anatomi virtual.

“Kalau tidak ada aral melintang akhir tahun ini juga akan memiliki alat praktikum anatomi virtual. Ini merupakan Fakultas Kedokteran ke 2 setelah FKUI yang akan mengoperasikan alat tersebut untuk proses belajar mengajarnya,” tuturnya bangga.

Sarana prasarana pendidikan juga dilengkapi dan sejak Desember 2014 FK UPNVJ sudah memiliki system “E learning” dan “E library” yang cukup modern.

“Harapannya parasarana tersebut bisa meningkatkan mutu dari dokter-dokter lulusan FK UPNVJ. Terlebih lagi dengan perubahan status UPNVJ dari PTS menjadi PTN, diharapkan proses peningkatan mutu dari lulusan FK UPNVJ akan lebih baik, karena fasilitas/sarana prasarana untuk menunjang kegiatan belajar mengajar secara teori akan dilengkapi oleh pemerintah,” tandasnya.

Yang juga penting untuk disampaikan adalah kami juga sedang merintis untuk membuka progdi farmasi yang apabila izinnya disetujui oleh Kemeristek Dikti, InShaa Allah TA 2018 – 2019 sudah mulai bisa menerima mahasiswa baru.

Terakhir seiring dengan segera berakhirnya masa tugasnya sebagai Dekan, Mariono berpamitan kepada segenap jajaran Civitas Akademik Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta.

“Pada kesempatan yang baik ini, ijinkanlah saya untuk pamit pada sejawat dokter baru dan orang tua wisudawan serta mitra kerja FK UPNVJ yang hadir hari ini, karena masa  bakti saya akan berakhir pada bulan depan. Saya menghaturkan terimakasih yang setinggi-tingginya atas dukungan dan kerjasamanya selama saya menjalankan amanah memimpin FK UPNVJ serta mohon maaf seandainya dalam melaksanakan tugas saya ada hal-hal yang tidak berkenan, karena semua yang saya kerjakan/lakukan semata-mata demi untuk perbaikan dan kemajuan FK UPNVJ. Saya berharap dukungan dan kerjasama yang telah terjalin dapat ditingkatkan di kemudian hari,” tutupnya. (win)

Tags
Close