DIDAKTIKA

Kunjungi Candi Muaro Jambi, Pramuka Santri Pelajari Sejarah Budaya

Jakrev.com – Para peserta Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) V tahun 2018 di Provinsi Jambi diperkenalkan dengan sejarah budaya. Mereka secara bergantian mengunjungi beberapa tempat bersejarah, salah satunya Candi Muaro Jambi, Sabtu (27/10).

Dalam kesempatan ini, seluruh peserta mendapat tambahan pengetahuian, bahkan bisa mengerti secara detail tentang sejarah candi hingga beberapa momen penting terkait dengan peradaban candi tersebut.

Kegiatan yang diberi tajuk wisata budaya dan sejarah ini menjadi salah satu materi yang wajib ada di PPSN. Wisata Budaya secara estafet dilakukan sejak Rabu (24/10) hingga hari keenam PPSN, Senin (29/10).

Menurut salah seorang Sangga Kerja Bidang Kegiatan pada PPSN, Sri Wahyuni, selain berwisata, para peserta juga dapat mengetahui apa saja yang ada di Provinsi Jambi, terutama tentang sejarah dan budayanya.

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak hari ketiga, dan terus dilakukan hingga akhir PPSN. Tujuannya menambah wawasan para pramuka santri, terutama tentang sejarah budaya Jambi,” terangnya.

Nanda, yang merupakan salah satu pemandu kegiatan, menambahkan jika pada kesempatan ini para santri diberikan pengetahuan sejarah tentang keberadaan Candi Muaro Jambi.

Para santri secara berkelompok mengunjungi beberapa candi utama dan museum candi. Selain itu, dijelaskan juga sekilas tentang Kabupaten Muaro Jambi, yang merupakan daerah di mana candi tersebut berada.

Mengenai kesan terhadap kegiatan wisata budaya ke candi ini, seorang santri asal Sulawesi Utara, Putri menuturkan jika hal ini penting, karena dapat menambah wawasan tentang sejarah Indonesia pada khususnya.

Selama ini, Putri mengakui kalau hanya mengetahui Candi Muaro Jambi dengan mendengar dan melihat gambar. “Ya penting lah kak, kalau jadi tahu sejarah candi, ini tentu menambah wawasan kami sebagai pramuka santri. Selama ini hanya melihat gambar dan dengar saja,” ungkap Putri.

Selain kunjungan wisata ke Candi Muaro Jambi, para pramuka santri juga mengunjungi Masjid Agung Al-Falah Jambi yang dikenal dengan sebutan masjid seribu tiang, dan museum Gentala Arasy yang berisi informasi mengenai sejarah Jambi.

Tags
Close