EKONOMI

Bank Mandiri Bukukan Laba Rp5,9 Triliun

Dari kiri: Direktur Treasury & International Banking Darmawan Junaidi, Direktur IT & Operation Rico Usthavia Frans, Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Risk Management Ahmad Siddik Badruddin, dan Corporate Secretary perseroan Rohan Hafas saat menyampaikan paparan kinerja triwulan I-2018 di Jakarta, Selasa (24/4). (Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. membukukan laba bersih Rp5,9 triliun pada kuartal I/2018 atau tumbuh 43,7 persen secara year on year (yoy), sejalan dengan upaya perseroan dalam memperbaiki kualitas aset produktif dan penguatan fokus bisnis pada segmen produktif.

Pencapaian tersebut terutama didorong oleh pendapatan operasional selain bunga atau fee based income yang berhasil tumbuh signifikan sebesar 14,7 persen (yoy) mencapai Rp6 triliun. Di sisi lain, secara keseluruhan biaya operasional terkendali tumbuh single digit.

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri Bapak Kartika Wirjoatmodjo, perseroan mampu memperbaiki kualitas kredit yang terlihat dari penurunan rasio Non Performing Loan (NPL) dari 3,98% pada kuartal I/2017 menjadi 3,32 persen pada kuartal I/2018 sehingga memangkas alokasi biaya pencadangan perseroan menjadi Rp3,8 triliun dari Rp5,4 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

“Bank Mandiri juga senantiasa melaksanakan fungsi intermediary-nya melalui penyaluran kredit sebesar Rp703 triliun pada akhir Maret lalu, atau naik 7,1 persen secara year on year, di mana kontribusi pembiayaan produktif sebesar 77,5 persen  dari total portofolio kredit [bank only]. Kinerja baik tersebut pun berhasil mendongkrak nilai aset perseroan menjadi Rp1.098,2 triliun pada akhir triwulan I 2018, tumbuh 6,2 persen secara yoy,” katanya, dalam konferensi pers, Selasa (24/4/2018).

Sumber: Bisnis.com

Tags

Artikel Terkait

Close