EKONOMI

Dorong Pengusaha UMKM, BRI Fasilitasi Pedagang PD Pasar Jaya

MOU BRI dengan PD Pasar Jaya dalam penyediaan fasilitas layanan produk perbankan dalam menunjang kegiatan usaha di PD Pasar Jaya. Dalam penandatangan MOU tersebut BRI diwakili oleh Kepala Divisi Institution 2 BRI Sigit Murtiyoso sementara PD Pasar Jaya diwakili oleh Dirutnya sendiri yakni Arief Nasrudin. (Dok Humas PD Pasar Jaya)

Jakarta Review – PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) berkomitmen menyediakan layanan produk perbankan dalam menunjang kegiatan usaha PD Pasar Jaya. Bertempat di Pasar Enjo, Jakarta Timur, perseroan menyatakan, hal itu demi mendorong pemberdayaan serta peningkatan kelas pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bentuk layanan yang akan diberikan BRI di antaranya penyediaan fasilitas Kartu Co Branding kepada para pedagang di pasar-pasar milik PD Pasar Jaya. Kartu itu bisa digunakan bertransaksi di Jakgrosir dan Mini DC yang dikelola oleh PD Pasar Jaya.

“Kartu Co Branding ini merupakan bentuk dukungan BRI terhadap para pedagang di pasar-pasar yang dikelola PD Pasar Jaya. Tujuannya agar gencar bertransaksi nontunai,” jelas Kepala Divisi Institution 2 BRI Sigit Murtiyoso melalui keterangan resmi, Rabu, (27/9).

Selain itu, lanjutnya kartu tersebut juga diharapkan menjadi acsess point inklusi keuangan di kalangan pedagang pasar. Dengan mengetahui historis transaksi pedagang, maka BRI bisa menawaran produk pinjaman berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau fasilitas perbankan Bank BRI lainnya.

“Upaya ini merupakan salah satu cara BRI untuk menaikkan kelas para pelaku UMKM, salah satunya melalui cashless society. Ini juga merupakan salah satu upaya edukasi Bank BRI terhadap pedagang pasar sehingga semakin terbiasa dan melek terhadap teknologi,” tutur Sigit.

Asisten Manager Humas PD Pasar Jaya, Amanda Gita Dinanjar menyambut baik kerjasama dengan Bank BRI ini. Menurutnya, PD Pasar Jaya memang membuka seluas-luasnya kerjasama dengan beberapa bank menyangkut akses pembiayaan kepada pada pedagang.

Ia menambahkan setidaknya ada beberapa bank lagi yang berminat untuk melakukan kerjasama. Sebelum BRI, Bank DKI sudah melakukan kerjasama sejenis dengan PD Pasar Jaya. Kini ada beberapa bank tersebut antara lain Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Bank OCBC NISP dan Bank BCA.

“Ketujuh Bank tersebut selama ini sudah memiliki kerjasama dengan kami dalam program cash management system (CMS) di beberapa pasar yang kami kelola,” tandas Manda. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close