EKONOMI

Ramadhan dan Lebaran, BI Siapkan Uang Beredar Rp 188,2 Triliun

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno bersama dengan Deputi Gubenur BI, Rosmaya K Hadi  meninjau layanan penukaran uang di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Rabu (23/5/2018). (Sindonews.com)

Jakarta Review, Jakarta – Bank Indonesia menyediakan uang Rp 188,2 triliun selama bulan puasa dan Lebaran tahun ini. Deputi Gubenur BI, Rosmaya K Hadi mengatakan, rata-rata uang beredar (outflow) saat bulan puasa dan Lebaran mencapai 25 persen dari total tahunan.

“Untuk 2018, (antisipasi) kebutuhan uang meningkat jadi Rp 188,2 triliun, naik 15,3 persen dibandingkan pada 2017,” ujar Rosmaya di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Pada 2017, BI menyediakan uang sebesar Rp 163,2 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dan Lebaran. Menurut Rosmaya, dari jumlah uang yang disiapkan BI itu, 22,8 persennya ditarik di wilayah Jabodetabek. Di Jabodetabek, BI menyiapkan 160 tempat resmi penukaran uang. BI menyiapkan total 1.000 tempat penukaran se-Indonesia.

“Untuk menjamin terpenuhi uang di masyarakat, 46 kantor perwakilan BI secara serentak melakukan aktivitas untuk penukaran uang,” kata Rosmaya.

Pendistribusian uang pecahan kecil diupayakan merata hingga menjangkau daerah pelosok. Tempat-tempat resmi penukaran uang juga diharapakn mudah ditemukan di kawasan yang ramai, seperti pasar dan pusat keramaian lain.

Rosmaya mengatakan, ada sejumlah sebab kenaikan jumlah uang yang disediakan BI untuk antisipasi Ramadhan dan Lebaran 2018. Salah satu sebabnya, sebut dia, memegang uang tunai untuk momentum tersebut seolah sudah menjadi budaya masyarakat, meski sekarang pemerintah mendorong transaksi non-tunai.

Lalu, lanjut Rosmaya, libur hari raya pada tahun ini relatif lebih panjang. Karena itu, diperkirakan kebutuhan uang tunai selama berlibur pun bertambah.

“Kita lihat juga wacana kenaikan THR bagi ASN dan pensiunan. Jadi kami bersiap-siap jangan sampai masyarakat tidak terlayani,” kata Rosmaya.

Sumber: Kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Close