NASIONAL

Hari Kartini,  Kementerian BUMN Gelar Pagelaran Budaya dan Pameran UMKM di Tjolomadoe

Peragaan Busana di Tjolomadoe. (Istimewa)

Jakarta Review, Karanganyar – Masih dalam rangka memperingati hari Kartini 2018, Kementerian BUMN menggelar beberapa rangkaian acara seperti Fashion Show dan Pameran produk UKM binaan BUMN yag berlangsung di De Tjolomadoe, Karanganyar pada Sabtu,  28 April 2018.

cara Fashion show dikemas dengan menampilkan karya-karya desainer muda yang berasal dari Solo dan sekitarnya seperti Indah Nur Fitriani, Slamet Susanti, dan Linda Susanti. Tidak hanya berbakat, para desainer ini juga memiliki kepedulian yang tinggi pada masyarakat sekitar. Desainer Linda Susanti misalnya mampu membuat kebaya cantik dengan berkolaborasi dengan pengrajin difabel bianaannya.

Hadirnya para desainer muda ini diharapkan menjadi inspirasi bagi para Kartini Milennials untuk bisa berinovasi dan berkarya. Tidak hanya para model yang beraksi di panggung catwalk, namun para Pejabat Kementerian BUMN dan juga Direksi BUMN yang perempuan tak luput dari pertunjukan ini.

Setidaknya ada 20 pejabat Kementerian BUMN dan juga Direksi BUMN yang mengikuti fashion show membawakan pakaian nasional dan produk-produk dari PT Sarinah (Persero). Fashion show ini juga disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan juga Keluarga Mangkunegaran di bangku penonton.

Beberapa Direktur BUMN yang mengikuti fashion show ini diantaranya Plt Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Dirut PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dessi Arryani, Dirut Perum Peruri Dwiana Septiani Wijaya, Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indoenesia (Persero) Tbk Handayani, Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy W A Suradji, dan lain sebagainya.

Sementara itu, pejabat Kementerian BUMN yang mengikuti acara ini yaitu Staf Khusus II Menteri BUMN Judith Dipodiputro dan Staf Khusus III Menteri BUMN Wianda Pusponegoro.

“Senang sekali melihat para direksi perempuan BUMN berjalan diatas runway. Ini membuktikan mereka bukan hanya bisa bekerja profesional tapi juga bisa tampil cantik dan keibuan. Selaras dengan semangat Kartini,” kata Rini di De Tjolomadoe, Minggu (29/4/2018).

Dalam acara pameran produk UKM, puluhan pelaku usaha mikro dan kecil dari berbagai kota di Indonesia diajak menjajakan produk-produk khas mereka di area Tjolomedoe.

Para pelaku usaha mikro dan kecil ini merupakan mitra – mitra binaan dari BUMN antara lain PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Tabunhan Negara (Persero) Tbk, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 9 dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Terdapat dua pameran yang digelar dan disiapkan bagi para mitra binaan BUMN ini, yaitu Pameran Kuliner dan Pameran Kerajinan. Mitra binaan tersebut membawa beragam produk khas antara lain produk jamur Bara Jamur, minuman herbal, camilan tradisional, madu, mie berbahan buah naga, hingga beragam minuman kopi.

Dihadiri Keluarga Mangkunegaran

Keluarga Mangkunegaran juga menghadiri kegiatan pameran budaya dan fashion show yang diadakan oleh Kementerian BUMN. Di kesempatan tersebut, tampak Menteri BUMN berfoto bersama Keluarga Mangkunegaran.  Mereka juga menikmati kegiatan di De Tjolomadoe.

“Kami mengapresiasi kehadiran Keluarga Mangkunegaran dalam pameran budaya menutup kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Kementerian BUMN di Tjolomadoe. Semoga tali silaturahim ini dapat terus terjalin dan kita bersama-sama mendukung Tjolomadoe sebagai destinasi wisata di Karanganyar,” kata Staf Khusus III Menteri BUMN, Wianda Pusponegoro.

Di akhir acara, Menteri Rini memberikan buket bunga pada desainer yang tampil. Acara fashion show ini diselenggarakan di Stasiun Gilingan, De Tjolomadoe, Karanganyar.(win)

Tags

Artikel Terkait

Close