NASIONAL

Ikut Torch Relay, Menteri Rini Apresiasi Dukungan BUMN Sukseskan Asian Games 2018

Estafet api obor keliling atau Torch Relay yang dihadiri langsung Menteri BUMN Rini M Soemarno. (Istimewa)

Jakarta Review, Bandar Lampung – Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) terus memberikan dukungan bagi penyelenggaraan Asian Games 2018. Hal ini ditunjukkan dengan penyelenggaraan kegiatan estafet api obor keliling atau Torch Relay yang dihadiri langsung Menteri BUMN, Rini M. Soemarno di Bandar Lampung pada Rabu (08/08/2018).

Kali ini Menteri Rini ikut menyemarakkan Torch Relay yang diselenggarakan oleh PT Telekomunikasi Seluler Indonesia (Telkomsel) Tbk sebagai `Official Mobile Partner` Asian Games 2018, sebelum akhirnya obor tiba di Jakarta untuk acara pembukaan Asian Games 2018 pada tanggal 18 Agutus 2018.

Melalui kegiatan Torch Relay Menteri Rini mengajak seluruh BUMN untuk ikut aktif mempromosikan dan menyosialisasikan Asian Games di seluruh kota di Indonesia sebagai bentuk dukungan untuk kesuksesan penyelengaraan event olahraga terbesar se-Asia ini.

“Melalui semangat api obor Torch Relay, kita kobarkan semangat dan dukungan bagi kesuksesan penyelenggaran Asian Games 2018. Dalam karyanya, BUMN merupakan agen pembangunan yang tidak hanya mencetak keuntungan tetapi juga ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang mendorong kemajuan dan olahraga nasional ,” ungkap Rini.

Menteri Rini juga mengapresiasi BUMN-BUMN yang sudah terlibat dalam meyukseskan Asian Games 2018  baik dalam kegiatan promosi maupun sponsorhip. Terdapat enam BUMN yang menjadi sponsor prestige Asian Games 2018 antara lain PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Telekomunikasi Seluler Indonesia (Telkomsel) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), PT Bank Mandiri (Persero), dan PT Pertamina (Persero).

“Terima kasih kepada semua BUMN yang sudah terlibat. Semoga kita selalu bersinergi dan memberikan yang terbaik bagi Tanah Air,” tegas Rini.

Telkomsel juga turut menyukseskan kegiatan pawai obor (torch relay) di kota Solo (19/7/2018), Mataram (25/7/2018) dan Tanjung Bira (28/7/2018 ) sebagai `Official Mobile Partner` Asian Games 2018.

Sebelumnya, telah dilakukan juga kegiatan Torch Relay yang didukung oleh beberapa BUMN yang menjadi sponsor prestige lainnya untuk Asian Games 2018. Torch Relay oleh PT Bank Mandiri telah dilaksanakan di dua kota yakni Solo, Jawa Tengah (19/7) dan Denpasar, Bali (25/7).

PT Pertamina (Persero) ambil bagian dalam Torch Relay di 5 kota salah satunya di Pekan Baru, Riau pada (3/7). PT Bank Negara Indonesia (Persero) mendukung Torch Relay di 3 kota antara lain Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat (26/7), dan Banda Aceh  (1/8).

Telkom Indonesia telah mendukung penyelenggaran Torch Relay di Bali (24/7) dan Medan (1/8). Sementara PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ikut menyemarakkan penyelenggaraan Torch Relay di Denpasar, Bali pada 25 Juli 2018 lalu.

Khusus di Torch Relay Lampung, diadakan pula peluncuran Paket Perdana simPATI Asian Games 2018 yang khusus dihadirkan untuk memperlancar kebutuhan komunikasi para atlet, ofisial, jurnalis, relawan serta penonton asing Asian Games 2018, yang juga merupakan bagian dari dukungan Telkom Group.

Telkomsel juga telah mempersiapkan infrastruktur jaringan di Jakarta dan Palembang. Dari sisi jaringan, Telkomsel telah menyiagakan 1.000 base transceiver station (BTS) di kedua kota tersebut untuk mengamankan kebutuhan komunikasi publik di 175 titik prioritas utama, termasuk meng-upgrade ratusan BTS existing dan menghadirkan teknologi Time Division Duplexing (TDD) Massive Multiple Input Multiple Output (MIMO) untuk dapat menghadirkan kenyaman berkomunikasi di keramaian dengan lebih baik.

Dukungan BUMN untuk Asian Games

Selain Telkomsel, ada beberapa BUMN yang juga menjadi Official Prestige Sponsor Asian Games yakni Pertamina, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank Mandiri.

Pada 6 Juli 2018 lalu, telah dilakukan penandatanganan Kerja Sama (PKS) sejumlah BUMN dengan INASGOC di Istana Wakil Presiden. Penandatanganan kerja sama ini juga disaksikan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

BUMN dimaksud adalah PT Jiwasraya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Askrindo (Persero). Sebelumnya juga sudah dilakukan penandatanganan serupa oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT KAI (Persero) dan PT PGN Tbk. Sepuluh BUMN tersebut berkomitmen untuk mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018 sebagai Official Supporting Sponsor.

Adhi Karya, Waskita Karya, Wijaya Karya dan PT PP contohnya, selain berpartisipasi dalam bentuk cash, keempatnya juga terlibat langsung dalam pembangunan infrastruktur sejumlah venue dan fasilitas penunjang Asian Games.

Tak ketinggalan, Jasa Marga pun  turut memberi dukungan dengan nilai sebesar Rp10 Miliar berupa akses dan promosi di jalan tol. Serta Jiwasraya yang mendukung dengan nilai sebesar Rp10 Miliar. Dari nilai tersebut Jiwasraya berkomitmen untuk memberikan dalam bentuk cash senilai Rp8 miliar in kind senilai Rp 2 M berupa asuransi untuk 25.000 volunteer.

Menteri Rini mendorong penuh agar BUMN bisa berkontribusi dengan baik dalam mensukseskan penyelenggaraan ajang Asian Games 2018. Dengan sinergi BUMN, ia percaya Indonesia bisa melakukan persiapan yang baik demi kelancaran perhelatan olahraga terbesar di Asia ini.

“Saya apresiasi tinggi kepada BUMN yang sudah terlibat aktif mendukung penyelenggaraan ajang ini. Dengan sinergi yang kuat, semoga Asian Games dapat berjalan sukses dan lancar,” ujar Rini. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close