EKONOMINASIONAL

Jasa Marga Jajaki Pembangunan Tol Layang Cawang-Cengkareng

Jalan tol layang Cawang-Cengkareng solusi mengurai kemacetan menuju Bandara Soekarno-Hatta. (Tigapilarnews)

Jakarta Review – Guna mengatasi kemacetan di tengah terbatasnya lahan PT Jasa Marga berencana ntuk membangun jalan tol layang ruas Cawang-Tomang-Pluit-Cengkareng sepanjang 40 Km dengan perkiraan biaya Rp 350 miliar per kilometer. Saat ini tengah dilakukan studi kelayakan jalan tersebut.

“Setelah melakukan studi kelayakan yang memakan waktu sekitar 3 bulan hasilnya akan kami jadikan usulan kepada pemerintah,” kata Direktur Pengembangan PT Jasa Marga Hasanuddin di sela-sela Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Menurut Hasanuddin, pihaknya juga telah melakukan pembicaraan tentang rencana ini kepada pihak PT Angkasa Pura II. Pasalnya, setelah selesai nanti jalan tol ini akan terhubung dengan Bandara Soekarno-Hatta.

Pihak Angkasa Pura II juga menilai pentingnya keberadaan jalan tol ini. Apalagi kedepan jumlah penumpang di Bandara Soeta akan mengalami lonjakan yang cukup tinggi.

“Tentunya dibutuhkan dukungan infrastruktur jalan tol yang cukup memadai. Sementara jalan tol yang ada sudah terlalu padat,” tambah Hasanudin.

Selain jalan tol layang Cawang-Tomang-Pluit-Cengkareng ini Jasa Marga juga tengah memikirkan kemungkinan membangun tol layang Cikunir-Cawang. Dengan demikian jika hal itu terealisasi maka nantinya jalan tol layang ini akan terhubung dengan tol layang Jakarta-Cikampek.

Dia berharap usulan pembangunan tol layang ini bisa disetujui pemerintah. Pasalnya tingkat kemacetan di dalam kota sudah sangat parah dan lahan yang tersedia sangat terbatas.

Sumber: Poskotanews.com

Tags
Close