NASIONALOTOMOTIF

Jakarta Pusat Raih Penghargaan Khusus di Even Indonesia Road Safety Award

CEO PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) Indra Baruna di acara Penganugerahan IRSA 2016, Selasa, 6/12/2016 di Hotel JW Marriot, Mega Kuningan Jakarta. (Istimewa)
CEO PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) Indra Baruna di acara Penganugerahan IRSA 2016, Selasa, 6/12/2016 di Hotel JW Marriot, Mega Kuningan Jakarta. (Istimewa)

Jakarta Review – Penyelenggaraan Indonesia Road Safety Award (IRSA) tahun ini, tampaknya menjadi tahun yang bersahabat bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pasalnya di tahun penyelenggaraan IRSA yang keempat inilah akhirnya Kotamadya Jakarta Pusat (Jakpus) sukses meraih penghargaan kategori khusus.

“Kotamadya Jakarta Pusat diganjar penghargaan dalam kategori khusus karena dinilai telah melakukan upaya luar biasa dalam meningkatan kualitas sarana pejalan kaki yang berkeselamatan,” ujar CEO PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) Indra Baruna di acara koferensi pers di sela acara Penganugerahan IRSA 2016, Selasa, 6/12/2016 di Hotel JW Marriot, Mega Kuningan Jakarta.

Selain Jakarta Pusat, Tanggerang Selatan juga meraih penghargaan untuk kategori peningkatan indeks keselamatan Jalan terbaik, Jepara untuk kategori inovasi program keselamatan jalan terbaik dan terakhir Semarang untuk upaya meningkatkan jumlah pengguna angkutan umum.

Indra menjelaskan selama setahun terakhir ini, panitia menilai Pemerintah Kotamadya (Pemkot) Jakarta Pusat banyak membangun sarana dan prasarana yang memanjakan pejalan kaki. Antara lain Jembatan Penyebarangan Orang (JPO), Halte Bus yang memadai, pedestrian yang lebar dan ramah terhadap kaum difabel, Lampu Penerangan Jalan yang tersebar serta penegakan disiplin di jalan dengan mengencangkan mekanisme derek parkir liar.

“Saya kira selain Jakarta Pusat, nggak ada daerah manapun di Indonesia yang begitu disiplin dalam penegakkan hukum terhadap parkir liar dengan program Derek liarnya. Nah atas sejumlah indikator itulah, Jadi Kotamadya Jakarta Pusat memang pantas mendapat penghargaan,” terang Indra seraya berharap penghargaan yang diterima oleh Kotamadya Jakarta Pusat bisa mengilhami Kotamadya lainnya di Jakarta.

Indra menambahkan, dalam penyelenggaraan IRSA tahun ini, pihaknya memang sengaja memunculkan penghargaan untuk kategori khusus. Hal ini dilakukan karena Adira dan tim panitia menilai ada upaya luar biasa dari keempat kota tersebut dalam meningkatkan sarana dan prasarana lalu lintas yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan keselamatan di jalan. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close