EKONOMINASIONAL

Teras BRI Kapal Beroperasi di Kepulauan Seribu

Teras BRI KapalJakarta Review Setelah sekian lama ditunggu-tunggu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) akhirnya berhasil merealisasikan pengadaan kantor terapung alias Teras BRI Kapal. Peluncuran Teras BRI Kapal tersebut dilakukan di Pelabuhan Kali adem, Muara Karang, Jakarta Utara, Selasa (4/8/2015).

Budi Satria, Sekretaris Perusahaan BRI mengatakan, peluncuran Teras BRI Kapal merupakan upaya untuk menjembatani kesulitan akses yang dialami masyarakat di daerah terpencil, khususnya di wilayah pesisir kepulauan.

“Terutama bagi mereka yang tidak terjangkau pelayanan perbankan, atau bahkan belum mengenal produk perbankan sama sekali,” kata Budi.

Sebagai langkah awal lanjut Budi, wilayah Kepulauan Seribu dipilih menjadi lokasi beroperasi Teras BRI Kapal. Kapal yang diberi nama Bahtera Seva I selanjutnya akan berkeliling mendatangi lima titik singgah untuk melayani enam pulau mulai Senin hingga Jumat dari pukul 07:30 hingga 16:30. Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau Untung Jawa, Pulau Harapan, dan Pulau Panggang.

Yang menarik, Teras BRI Kapal ini juga akan memberikan layanan perbankan yang sama dengan kantor BRI pada umumnya, antara lain produk simpanan dan pinjaman hingga pembayaran.

“Juga tersedia tambahan kas bagi Agen BRILink, yang merupakan kepanjangan tangan layanan BRI,” jelasnya.

Selain itu, BRI juga menghadirkan satu unit ATM di atas kapal yang akan berfungsi 24 jam secara online. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa Teras BRI Kapal didukung teknologi informasi yang canggih dan sumber daya manusia yang handal, terutama karena kapal dilengkapi petugas teller dan customer services serta petugas kredit mikro.

Sementara itu untuk menjaga keamanan Teras BRI dalam memberikan pelayanan, BRI telah bekerjasama dengan aparat terkait.

“Selain itu, BRI juga bekerjasama dengan manajemen perkapalan profesional untuk pengelolaan teknis dan perawatan kapal yang berbobot 118,5 ton ini,” pungkas Budi. (win)

Tags
Close