REHATSEREMONI

Danamon Gelar Festival Pasar Rakyat ke-4 di Pasar Ngasem Kota Yogyakarta

Danamon Pasar rakyatJakarta Review – Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) melalui kampanye nasional bertajuk Jelajah Pasar Rakyat Nusantara menggelar Festival Pasar Rakyat di Pasar Ngasem di Kota Yogyakarta. Festival yang dilaksanakan berberengan dengan Hari Ulang Tahun Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang ke-259 tersebut adalah penyelenggaraan yang keempat kalinya.

Keberadaan pasar rakyat sering luput dari perhatian kita, meskipun pasar rakyat merupakan aset bangsa yang besar nilai dan perannya. Selain sebagai penyedia kebutuhan untuk masyarakat, pasar juga terbukti mampu menyediakan lapangan pekerjaan serta menghidupkan perekonomian lokal. Permasalahan yang timbul di pasar rakyat bukan hanya pekerjaan rumah pemerintah saja, namun tanggung jawab kita semua. Dengan semangat gotong royong kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengurai permasalahan tersebut dan memajukan pasar rakyat bersama-sama. ujar Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, 4/10 .

Kegiatan yang mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah kota Yogyakarta tersebut merupakan bentuk aksi nyata dari upaya Danamon dalam mendukung promosi pasar yang digelar di 12 kota di Indonesia. Hingga kini, Pasar Festival Rakyat telah diselenggarakan di Pasar Rau, Serang – Banten, Pasar Kembang, Surabaya Jawa Timur dan Pasar Baru, Kota Probolinggo – Jawa Timur. Untuk penyelenggaraan kegiatan promosi Pasar Rakyat, Danamon Peduli memberikan dukungan lebih dari Rp. 1 miliar untuk perbaikan fisik pasar dan pengembangan pengetahuan pengelolaan keuangan kepada para pedagang.

Lebih lanjut Restu mengatakan, Aksi nyata Danamon melalui Yayasan Danamon Peduli dapat dilihat dari program kerja kami yang berorientasi pada revitalisasi pasar rakyat bernama Program Pasar SEJAHTERA (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat) dimana kami memberikan pendampingan teknis pada aspek fisik dan non fisik.

Selain itu, dalam acara Festival Pasar Rakyat di Pasar Ngasem, Yogyakarta ini, kami juga menandatangani nota kesepakatan kerjasama (MoU) dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam program revitalisasi pasar rakyat sebagai pasar percontohan di salah satu pasar di Yogyakarta.

Restu menambahkan, Kampanye Nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara yang digagas oleh Danamon Peduli saat ini merupakan satu-satunya gerakan yang secara khusus mempromosikan pasar rakyat di Indonesia. Melalui kegiatan Festival Pasar Rakyat, Danamon Peduli berupaya membuktikan bahwa pasar rakyat merupakan ruang publik yang kreatif, edukatif dan berbudaya serta lebih dari sekadar tempat transaksional semata. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close