KULINARI

Pemprov DKI Luncurkan Stiker Aman Saji Asian Games 2018

Wakil Gubernur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Ketua BPOM RI Penny Kusumastut (foto: Puji Kurniasari/Breakingnews.co)

Jakarta Review, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI meluncurkan program stikerisasi aman saji Asian Games 2018. Program ini bertujuan memastikan makanan yang beredar selama Asian Games aman dikonsumsi.

“Jadi food safety dan food security jadi hal yang sangat utama. Kita ingin tamu-tamu ini sekitar 200-300 ribu yang akan menyemarakkan Asian Games baik itu atlet, ofisial, suporter, volunteer bisa mendapat asupan makanan yang aman saja,” kata Kepala BPOM Penny Lukito di Multifunction Room Plaza Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (24/7).

Keamanan makanan yang dimaksud mencakup aspek higienitas, baik dalam proses produksi maupun penyajian. Aturan ini berlaku untuk makanan olahan baik yang dikemas maupun yang segar, makanan siap saji di restoran-restoran, dan produk-produk dalam kemasan.

Faktor higienitas juga diperhitungkan untuk bahan baku. BPOM memastikan stiker hanya Aman Saji hanya dipasang untuk makanan yang bahan bakunya legal, sehingga terjamin kualitas, keamanan, dan kandungan nutrisinya.

“Plus tidak mengandung bahan berbahaya. Beberapa bahan yang sering kita temui seperti formalin, boraks, kita pastikan itu bukan untuk pangan kita amankan,” ujar dia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno ingin makanan khas Indonesia makin banyak dikenal. Ia berharap pemberian label aman saji akan membuat makanan tradisional seperti rendang, nasi goreng, kerak telor, bir pletok, dan sebagainya makin dikenal di dunia internasional.

Selain pelabelan makanan, layanan makanan di Wisma Atlet Kemayoran akan dikelola oleh katering khusus yang telah tersertifikasi. Usaha ini akan melayani tujuh ribu atlet yang tinggal di sana.

Menurut Sandiaga, khusus untuk Wisma Atlet akan diterapkan double-tripple protection dalam penyajian. Artinya, faktor keamanan dipastikan mulai dari proses produksi, pengemasan, hingga penyajian.

“Kita pastikan akan datang ke food hall, di sini ada satu outlet yang akan kita stikerisasi sebagai simbolisasi kalau Jakarta siap hadapi Asian Games,” ujar dia.

Sumber: Republika.co.id

Tags
Close