LIFESTYLE

ISC Sukses Gelar Kontes Nasional Sansevieria 2018

Para pemenang kontes nasional sansevieria 2018 berfoto bersama. (Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Komunitas Sansevieria Indonesia (Indonesia Sansevieria Community) menggelar Kontes Nasional Sansevieria 2018 dengan tema “Satu Hati Satu Hobi, Sansevieria Tetap Jaya” yang berlokasi di Lapangan Banteng. Acara ini menjadi salah satu bagian penting dari kegiatan Pameran Flora & Fauna 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi DKI selama satu bulan, tepatnya sejak tanggal 10 Agustus sampai 10 September 2018.

Pelaksanaan acara Kontes Nasional Sansevieria 2018 ini mendukung tema Pameran Flona 2018 yakni, Synergreen atau singkatan dari Synergy Energy Greenery.

“Setelah tiga tahun kami vakum. Tahun ini kami menjawab doa dan harapan dari teman-teman pencinta tanaman Sansevieria yang tersebar di seluruh Indonesia dengan melaksanakan Kontes Nasional Sansevieria 2018 ini,” ujar Ketua Pelaksana kegiatan Kontes Nasionasl Sansevieria 2018 Andro Yunus dalam keterangan resmi yang diterima Jakarta Review, Selasa, 4 September 2018.

Ia menambahkan acara ini bisa berlangsung meriah karena dukungan dari berbagai daerah.

“Ini bukan cuma ajang kompetisi, tapi lebih dalam yakni ajang temu kangen, diskusi, berbagi pengalaman dan ilmu baru terkait tanaman Sansevieria.”tuturnya.

Pembina teknis acara Kontes Nasional Sansevieria 2018 Lien Said mengatakan kelebihan dari tanaman lidah mertua ini membuat banyak orang menggemari tanaman sansevieria bahkan Lembaga Antariksa Amerika NASA pun selama 25 tahun ikut meneliti tanaman ini.

“Lembaga Antariksa Amerika NASA meneliti tanaman ini selama 25 tahun dan merilis hasilnya bahwa Sansevieria merupakan tanaman hias penyerap polutan paling efektif. Keistimewaan lain tanaman ini adalah mengeluarkan oksifen setiap saat sehingga menjadi satu-satunya tumbuhan yang aman berada di ruang tidur” ujarnya.

Untuk tahun ini ada 130 tanaman peserta yang hadir meramaikan acara. Sementara pemiliknya hadir dari berbagai kalangan, baik dari pedagang, hobiis, kolektor, ataupun petani. Adapun kategori yang dilombakan ada 13 kategori kelas antara lain; kelas Utama Majemuk, kelas Round Leaf (<25cm), kelas Madya Flat Leadaaf (<25cm), kelas Hybrid Utama, kelas Hybrid Madya Round Leaf (<25cm), kelas Hybrid Madya Flat Leaf (<25cm), kelas Hybrid Small, kelas Variegata Small A (<10cm), kelas Variegata Small B (<15cm), kelas Variegata Aurea, kelas Variegata Utama, kelas Variegata Round Leaf (<25cm), dan kelas Variegata Madya Flat Leaf (<25cm).

“Dari kategori kelas yang dilombakan menunjukkan betapa banyak jenis tanaman ini, hybrid maksudnya adalah hasil silangan (dan hybrid dari Indonesia sekarang menjadi incaran pencinta Sansevieria dari manca negara loh).. variegata ini merujuk pada tanaman yang mempunyai kelainan warna, dan ini menambahkan keunikannya,” jelas Lien Said.

Lien menambahkan banyak manfaat yang diperoleh dengan berkecimpung memelihara tanaman Sansevieria. Antara lain kesehatan dan kekayaan batin dan turut aktif mendorong perekonomian nasional karena banyak penggemar tanaman ini.

“Disetiap daerah di Indonesia yang kami kunjungi, pasti ada saudara kami para pencinta tanaman Sansevieria. Bahkan penggemarnya tersebar hingga manca negara seperti Thailand, Filipina, Korea, Amerika Serikat, Kanada, dll.. kita akan saling mengunjungi ketika ada acara kontes seperti ini,” tandasnya. (win)

Tags

Baca Juga

Close
Close