SEREMONI

Asuransi Astra Raih 3 Penghargaan Indonesia Insurance Customer Choice Award 2015

Asuransi AstraJakarta Review – Asuransi Astra baru saja menerima tiga kategori penghargaan dalam Indonesia Insurance Customer Choice Award 2015. Ketiga penghargaan tersebut adalah Asuransi Umum Terbaik Pilihan Responden di kategori asuransi kendaraan, Kepuasan Pelanggan Terbaik Value for Paid, dan Kepuasan Pelanggan Terbaik Claim Service. Acara puncak penghargaan tersebut dilangsungkan di Le Meridien, Jakarta pada 7 Oktober 2015 dan dihadiri langsung oleh Adrianto, Senior Vice President Asuransi Astra.

Penghargaan yang diinisisasi oleh Majalah Warta Ekonomi ini merupakan apresiasi kepada perusahaan asuransi yang berkinerja baik serta memberikan inspirasi kepada perusahaan-perusahaan asuransi lainnya. Dalam melakukan penilaian penghargaan Indonesia Consumer Choice Award 2015, Warta Ekonomi mengelompokkan perusahaan asuransi umum melalui pendekatan jumlah aset yang dimiliki, yaitu aset <Rp250 M, aset Rp250 M-Rp500 M, aset Rp500 M-1 T, aset Rp1-Rp3 T, dan aset > Rp3 T. Total terdapat 80 perusahaan asuransi umum dan jiwa yang masuk dalam penilaian Indonesia Insurance Customer Choice Award 2015.

Metode survei dalam penghargaan ini menggunakan pendekatan analisis laporan keuangan dan survei kuantitatif. Dalam analisis laporan keuangan, tim riset Warta Ekonomi tidak memasukkan perusahaan asuransi yang tidak mengeluarkan laporan keuangan serta perusahaan asuransi yang sedang dalam pembekuan/dicabut izin usahanya.

Sementara dalam survei kuantitatif, tim riset melibatkan 1.200 pemegang polis asuransi selama minimal tiga tahun di Jabodetabek yang dijadikan responden. Pendekatannya dilakukan melalui face-to-face interview dengan kuisioner terstruktur yang dilakukan dari 10-21 Agustus 2015. Adapun surveinya sendiri terdiri atas dua bagian, yakni Customer Choice (untuk mengumpulkan persepsi dan awareness responden mengenai perusahaan asuransi yang dianggap terbaik) dan Customer Satisfaction (analisa mengenai kepuasan responden terhadap perusahaan, pelayanan, dan produk asuransi yang digunakan. Terdapat tiga kriteria penilaian, yaitu Customer Service, Customer Satisfaction, dan Value for Paid).

Penghargaan yang ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Asuransi Astra di tengah persaingan industri asuransi umum yang semakin ketat. Hal ini membuktikan bahwa Asuransi Astra tetap menjadi pilihan utama bagi pelanggan di Indonesia. Namun lebih dari itu, menurutnya, menjadi pilihan pelanggan berarti harus siap untuk terus bekerja dan berinovasi lebih baik dan kreatif. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami, mengingat pelanggan adalah sentral dari segala aktivitas perusahaan, pungkasnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close