SEREMONI

Jamkrindo Siap Antar UMKM Naik Kelas

Direktur Utama PT Jamkrindo Randi Anto. (Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Nah, 12 Agustus 2018 merupakan  momen penting bagi pelaku  UMKM. Sebab, tanggal tersebut diperingati sebagai Hari UMKM Nasional yang pertama kali disepakati pada tahun 2016 saat kongres UMKM di Yogyakarta.

Sebagai perusahaan yang diberi mandat khusus oleh pemerintah untuk melakukan penjaminan bagi UMKM dan koperasi (UMKMK), Perum Jamkrindo telah lama menjadi tonggak pemberdaya UMKMK. Tidak hanya memberikan jaminan kredit, Perum Jamkrindo juga terus berinovasi dengan  melakukan pemeringkatan terhadap UMKM dan juga memberikan pendampingan kepada para UMKM.

Di tempat terpisah, Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan, Jamkrindo berperan dalam membantu UMKM naik kelas atau tumbuh dengan skala yang lebih besar. ”Sudah  menjadi tanggung jawab dan fokus kami untuk memajukan UMKM dan koperasi,” ujar Randi dalam siaran pers Minggu, (12/8/2018).

Untuk itu, lanjut Randi, setiap tahunnya Perum Jamkrindo meningkatkan kapasitas penjaminan kreditnya. Pada 2018, Perum Jamkrindo menargetkan volume penjaminan sebesar Rp 156,8 triliun. Adapun sepanjang tahun 2008 sampai 2017, Perum Jamkrindo telah mencatatkan volume penjaminan kredit lebih dari Rp 200 trilliun. ”Pada semester I-2018, volume penjaminan kami tercatat Rp 86,30 triliun  atau tumbuh 22,57 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” ujar Randi.

Saat ini, Perum Jamkrindo telah memiliki beragam produk yang mendukung dan menjadi solusi UMKM menuju sukses. Selain penjaminan program yang utama yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR), Perum Jamkrindo juga memilki banyak produk penjaminan yang lain, di antaranya  penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit umum, penjaminan kredit multiguna, penjaminan kredit distribusi barang, penjaminan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), penjaminan kredit kendaraan bermotor, penjaminan surety bond, penjaminan custom bond, penjaminan bank garansi atau kontra garansi, penjaminan supply chain financing, dan penjaminan fintech lending.

Di samping itu, Perum Jamkrindo juga mendapat amanat dari pemerintah melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor I Tahun 2016 sebagai lembaga pelaksana penjaminan sistem resi gudang. ”Kami terus berinovasi untuk memberikan memberikan pelayanan luas dan berkualitas,” ujar Randi.

Adapun untuk memeriahkan Hari UMKM Nasional, Perum Jamkrindo juga terlibat aktif dalam kegiatan Bung Hatta Festival yang diadakan di Bukittinggi, Sumatera Barat yang dihadiri oleh pegiat dan penggerak UMKM. Mengusung tema ’Reiventing Ekonomi Kerakyatan untuk Penguatan UMKM sebagai Tulang Punggung Kedaulatan Ekonomi Bangsa’, Perum Jamkrindo hadir untuk mengisi seminar nasional UMKM Kuat Bangsa Berdaulat dengan menyosialisasikan Peran Perum Jamkrindo dalam mendukung UMKM. Materi dipersentasikan oleh Pelaksana Harian Kepala Divisi Pemeringkatan UMKM dan Konsultasi Manajemen Perum Jamkrindo Ceriandri Widuri. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close