SEREMONI

Yayasan Danamon Peduli Gelar Danamon Adira Volunteer Day di DAS Ciliwung

Danamon Group Serahkan Bantuan Berupa Pembangunan Area Perkemahan, Fasilitas Mandi Cuci Kakus, Penanaman Pohon, Pelepasan Bibit Ikan dan Gotong Royong. (Dok: Yayasan Danamon Peduli)

Jakarta Review, Jakarta – Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) bermitra dengan Yayasan Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung, Srengseng Sawah menyelenggarakan kegiatan Peduli Lingkungan bertajuk “Danamon Adira Volunteer Day” yaitu kegiatan relawan karyawan Danamon Group berupa penanaman pohon, pelepasan benih ikan, gotong royong sekaligus meresmikan D-Green Camp (Danamon Green Camp) beserta saung usaha, dua unit pos keamanan, dan tiga unit mandi cuci kakus untuk area perkemahan. D-Green Camp merupakan perkemahan swakelola komunitas setempat berorientasi pada pendidikan lingkungan seperti edukasi pengelolaan sungai, hutan dan perilaku yang selaras dengan alam.

Hadir dalam kesempatan ini, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Badan Penanggulangan Bencana Nasional Lili Kurniawan, Ketua Pengurus Yayasan Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung, Usman Firdaus dan Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli Restu Pratiwi beserta 100 relawan karyawan Danamon, Adira Finance dan Adira Insurance, serta masyarakat setempat yang terlibat aktif dalam pengelolaan D-Green Camp, hutan dan daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung.

“Dalam semangat Hari Relawan Sedunia yang jatuh pada 5 Desember 2018 dan Hari Relawan Nasional pada 26 Desember 2018, Danamon Group melalui Danamon Peduli kembali adakan ‘Kegiatan Peduli Lingkungan dan Danamon – Adira Volunteer Day’ yang bertujuan untuk mendorong terjadinya perbaikan kualitas lingkungan hidup di wilayah kerja Danamon dan Adira. Termasuk didalamnya memobilisasi karyawan untuk turun langsung menjadi pelaku perubahan bersama-sama dengan masyarakat. Hal ini kami pandang sangat krusial mengingat karyawan kami pun bagian dari ekosistem di dalam masyarakat, mereka perlu memiliki budaya lingkungan agar dapat mendukung pelestarian lingkungan yang berkelanjutan,” jelas Restu Pratiwi, Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli.

Daerah aliran sungai merupakan daerah tangkapan air yang mempunyai peran penting dalam menyediakan kebutuhan air bagi manusia. Lebih dari itu, DAS berperan penting dalam menjaga kualitas air, mencegah banjir saat musim hujan dan kekeringan kala kemarau, serta mengurangi aliran massa (tanah) dari hulu ke hilir. Salah satu upaya yang efektif untuk menjaga fungsi DAS adalah partisipasi aktif secara langsung oleh masyarakat, khususnya yang tinggal di lokasi DAS. Oleh karena itu, Danamon Peduli mengapresiasi adanya Yayasan Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung yang konsisten menjaga pelestarian lingkungan dan pengelolaan daerah aliran sungai Ciliwung sejak 2006 hingga saat ini.

“Bermitra dengan Yayasan Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung merupakan win-win solution karena karyawan jadi memiliki wadah bekerja sosial untuk lingkungan dan komunitas mendapat benefit berupa dukungan sarana prasarana,” tandas Restu.

Sebagai salah satu mitra kerja pemerintah dalam pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDG), Danamon Peduli terus aktif dalam upaya perbaikan kualitas lingkungan di seluruh wilayah operasional Danamon dan anak perusahaan di Indonesia, seperti pengadaan sarana prasarana kebersihan, pembuatan lubang biopori, perbaikan taman kota, penghijauan di pasar rakyat (pasar tradisional) atau ruang publik dan berbagai pelatihan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Setiap tahunnya Danamon Peduli mengalokasikan Rp2.5milyar untuk pelaksanaan berbagai inisiatif lingkungan. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close