SOSOK

Adde Rosi Khairunnisa: Mantan Paskibraka yang Mencalonkan diri Menjadi Anggota DPR RI   

Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Adde Rosi Khairunnisa. (Sigit Artpro)

Jakarta Review, Banten, Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Adde Rosi Khairunnisa bertekad memperjuangkan Kabupaten Lebak dan Pandeglang menjadi lebih baik dari sekarang apabila dirinya terpilih menjadi Anggota DPR RI mewakili Partai Golkar. Demikian penuturan Adde Rosi saat diwawacarai Jakarta Review di sela Acara Pengukuhan Anggota Paskibraka Provinsi Banten Tahun 2018 beberapa waktu lalu.

Menurutnya keinginan untuk menjadi anggota DPR-RI didasari oleh niat ingin berbuat yang lebih baik lagi untuk Provinsi Banten khususnya untuk Kabupaten Labak dan Pandeglag dari kapasitasnya sebagai legislator di pusat.

Adde Rosi mengatakan Kabuten Lebak dan Pandeglang sengaja dipilih karena menurut Pemerintah Pusat kedua Kabupaten di Provinsi Banten tersebut hingga kini masih menjadi daerah yang tertinggal dibandingkan dengan Kabupaten lainnya di Provinsi Banten.

“Saya ingin memajukan dua daerah tersebut saat terpilih menjadi anggota DPR RI dengan memperjuangkan program dan anggaran dari APBN,” ujar Ibu Aci demikian Adde Rosi biasa disapa.

Isteri dari Wakil Gubernur Provinsi Banten Andika Hazrumy ini menambahkan untuk mengakselerasi pembangunan di kedua Kabuten tersebut diperlukan dukungan anggaran dan program dari pusat. Karena tidak akan cukup kalau hanya bergantung kepada APBD Banten.

“APBD Banten yang hanya Rp11 Triliun, saya rasa tidak akan cukup untuk mengcover seluruh pembangunan, tidak akan cukup memberikan pelayanan masyarakat Banten yang jumlahnya mencapai 12 juta. Oleh karena itu, Saya akan membantu Pemprov Banten, membantu masyarakat Banten untuk melobi program dan anggaran dari pemerintah pusat untuk kedua kabupaten tersebut,” tandas perempuan Sumedang, 30 Okotober 1983 ini.

Mantan Paskibraka Kota Bandung

Foto bareng Paskibraka Provinsi Banten Tahun 2018. (Sigit Arpro)

Tak banyak yang tahu kalau Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Adde Rosi Khoerunnisa pernah menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Pada upacara peringatan HUT RI 17 Agustus 2000 di Kantor Walikota Bandung, Ibu tiga anak buah pernikahannya dengan Andika Hazrumy ini bertugas sebagai pembawa baki.

“Saya dulu memang aktif di Jawa Barat, tapi sekarang aktif di Banten sejak provinsi ini berdiri,” Tak hanya bertugas sebagai pembawa baki, Aci begitu Adde Rosi biasa disapa oleh teman-teman dan Pembina paskibraka terpilih sebagai Lurah Desa Bahagia. “Kalau ingat masa-masa itu saya jadi kangen ingin ketemu dengan teman-teman dan pelatih dan Pembina,” jelas politisi Golkar yang hobi menyanyi ini.

Aci menambahkan selama proses pelatihan paskibraka selama beberapa pekan, bersama teman-temannya dirinya digembleng latihan baris berbaris dan materi-materi lain seperti kepemimpinan, keorganisasian dan wawasan kebangsaan.

“Yang jelas karena ikut paskibraka, saya jadi lebih disiplin, menghargai waktu dan senang berorganisasi. Selain itu kalau ketemu seniorpun bawaannya ingin hormat terus,” tuturnya sambil tersenyum.

Yang juga nggak bisa dilupakan dalam pelatihan kepaskibrakaan adalah suasana kekompakan dan kebersamaan, jaringan pun membentang luas.

“Bisa dibilang, kemanapun saya berkunjung entah di dalam negeri atau luar negeri saya selalu ketemu Purna Paskibraka Indonesia (PPI),” tuturnya.

Singkat cerita pengalaman-pengalaman seperti itu membuat dirinya selalu aktif memberi perhatian kepada pembinaan adik-adik Paskibraka di Provinsi Banten. Bisa dikatakan setiap tahun Aci tak pernah absen memantau perkembangan proses pelatihan Paskibraka.

“Saya doakan semoga Adik-adik Paskibraka tahun 2018 yang baru saja menunaikan tugasnya bisa menjadi anak-anak berprestasi sehingga membanggakan untuk Provinsi Banten,” cetusnya. (win)

Tags
Close