SOSOK

Arya Rafi, Anak Muda dengan Catatan Prestasi Gemilang di Berbagai Ajang Balap Mobil

Usianya terbilang masih muda 16 tahun, namun Muhammad Arya Rafi kini sudah menorehkan raihan prestasi gemilang di sejumlah ajang balap mobil. Ketekunan untuk terus berlatih mengasah skill dan dukungan penuh dari orang tua menjadi motivasi bagi Rafi untuk meraih prestasi.  

Arya Rafi pembalap muda dari tim Monza Motorsport Cibubur. (Istimewa)

Tak ada prestasi yang tiba-tiba turun dari langit dan bisa diraih dengan mudah.  Semuanya hanya bisa dicapai melalui sebuah proses yang namanya ketekunan dan keras.

Prinsip inilah yang diyakini dan dijalankan oleh Rafi dalam menekuni dunia balapan mobil.

“Saya percaya bahwa kesuksesan adalah perjalanan dari proses. Usaha tak akan mengkhianati hasil,” kata Rafi.

Tak ayal, meski sempat hampir putus asa karena tak kunjung meraih prestasi saat mengikuti berbagai kejuaraan, Rafi tetap gigih menekuni olahraga balap mobil. Baginya semangat dan kegigihan dalam memperdalam skill balap adalah modal utama. Karena itu untuk memperdalam skill balapnya, setiap pekan Rafi menjalani latihan rutin di Sirkuit Sentul serta meminta masukan kepada para pebalap senior.

Hasil dari ketekunan tersebut akhirnya berbuah manis. Meski sering gagal di berbagai kejuaraan di tahun 2016. Di tahun berikutnya, Rafi meraih podium dua di kelas Honda Brio Speed Chalenge untuk kategori pebalap promosi. Kemudian pada ajang Indonesia Touring Car Championship (ITCC) 2018 di dua seri pertama, ia berhasil naik podium untuk kelas 1600 cc dengan Toyota Yaris besutanya. Di seri pertama, Rafi berhasil meraih posisi runner up. Namun yang lebih membanggakan lagi di seri berikutnya Rafi berhasil menyabet podium pertama.

“Saya tidak ingin cepat berpuas diri, karena masih banyak ajang balapan yang akan saya ikuti. Target saya bisa mengikuti balapan dan jadi juara di kejuaraan luar negeri,” imbuh Rafi yang mengidolakan drifting racer internasional, Mad Mike.

Rafi berujar, torehan prestasi tahun lalu menjadi tonggak yang bersejarah buat dirinya. Karena dengan prestasi tersebut telah menambah rasa percaya diri dan memotivasi dirinya untuk terus menekuni olahraga balap mobil. Apalagi masih banyak kejuaraan yang akan diikuti.

Bagi Waktu

Rafi mulai masuk ke dunia balap mobil pada 2016 atau saat duduk di bangku kelas satu SMA. Sejak saat itu ia rajin mengikuti berbagai even balap mobil. Berawal dari hobi yang didorong oleh keinginan kuat, menjadikannya kini bisa bersaing dengan para pebalap lain dengan jam terbang yang lebih tinggi.

Di berbagai seri kejuaraan tersebut torehan prestasi belum bisa dicapai. Rafi pun sempat hampir putus asa. Ia pun sadar bahwa di sirkuit banyak pebalap dengan skill yang sudah matang dengan jam terbang yang lebih banyak.

Namun semangat dan dukungan penuh dari keluarga membuat Rafi bangkit. Ia berkaca diri. Ia percaya bahwa kesuksesan adalah perjalanan dari proses. Usaha tak akan mengkhianati hasil, begitu pikir Rafi.

Memasuki tahun 2017 akhirnya Rafi berhasil meraih podium dua di kelas Honda Brio Speed Chalenge untuk kategori pebalap promosi. Sejak itu, prestasi demi prestasi berhasil diraih oleh pelajar kelas tiga di SMA Labschool Cibubur. Pemilik nomor keramat 66 ini mengakui, kegiatan balapan dan sekolah yang ia lakukan bersamaan sering membuatnya kurang fokus.

Di satu sisi, ia mencoba mendulang prestasi akademik di sekolah namun ia juga ingin meraih cita-citanya sebagai pebalap nasional bahkan internasional.

“Tapi sejauh ini saya bisa bagi waktu antara latihan balap dan sekolah, kok. Apalagi orangtua saya sangat mensuport hobi saya ini. Saya makin bersemangat,” kata anak kedua buah hati dari pasangan Arief Nasrudin dan Lya Arief.

Anak bungsu kelahiran Jakarta 6 September 2001 ini bercerita kedua orang tuanya mendukung lantaran tak ingin dirinya kebut-kebutan di jalanan yang akan membahayakan dirinya dan orang lain.

“Saya ingin berpesan kepada kawan-kawan yang suka kebut-kebutan di jalanan, lebih baik adu kebut di sirkuit sekaligus bisa mengukur kemampuan kita,” ujar pembalap yang kini bernanung di tim Monza Motorsport Cibubur. (win)

Tags
Close