BUMD

18 Januari, Sandi Luncurkan Rumah DP Nol Rupiah

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (Istimewa)

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno akan meluncurkan program rumah DP Nol Rupiah pada 18 Januari 2018 mendatang. Sandi mengatakan, rumah yang akan diluncurkan nanti adalah yang dibangun oleh salah satu BUMD DKI, yakni PD Pembangunan Sarana Jaya. Pembangunan rumah program tersebut, katanya, dilakukan dengan sistem turn keys. Artinya, swasta yang membangun dan kemudian diberikan kepada Pemprov DKI.

“Dan pemerintah yang akan bantu untuk alokasikan kepada calon pelanggan pemilik rumah yang sudah memenuhi syarat sesuai dengan kriteria yang diajukan pemerintah,” ujar Sandi di Balai Kota, Senin (8/1).

Ia mengatakan, pihaknya juga kedatangan investor dari PT Real Estate Indonesia (REI) yang menyatakan ingin ikut berpartisipasi terhadap program rumah DP Nol Rupiah. Keinginan mereka pun disambut dengan tangan terbuka.

“Kami sampaikan kepada mereka bahwa proses pembentukan TOD berkaitan dengan rumah DP Nol Rupiah ini sedang berlangsung dan penghitungannya itu sedang dilakukan secara rinci oleh Kepala Dinas Perumahan,” katanya.

Ia mengatakan, PT REI bahkan menyiapkan pola pembangunan yang cepat, yakni bisa membangun 2-3 lantai per hari. Dengan demikian, apabila rumah susun (rusun) dibangun 16 lantai, maka penyelesaiannya bisa lebih cepat.

“Nah ini tentunya segala aspek yang bisa memang harus diperiksa dengan seksama,” katanya.

PT REI pun, terangnya, menawarkan sistem yang sama dalam pembangunannya, yakni turn keys. Nantinya, Pemprov DKI akan mengalokasikan rumah yang sudah dibangun itu untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang saat ini konsep pengelolaannya sedang disusun oleh Dinas Perumahan DKI Jakarta.

Sumber: Suara Pembaruan

 

 

Related Articles

Back to top button