BUMD

Ancol Tambah Beach Cleaner untuk Jaga Kualitas Pantai

Mesin pembersih pantai atau Beach cleaner yang dibeli dari Amerika Serikat oleh Manajemen Taman Impian Jaya Ancol untuk membersihkan area pantai yang ada di Taman Impian Jaya Ancol. (Dok Humas Taman Impian Jaya Ancol)

Jakarta Review, Jakarta – Hamparan pasir putih sepanjang 3,5 km terbentang dari lagoon sampai pantai carnival Taman Impian Jaya Ancol. Area pantai yang menjadi destinasi favorit pengunjung berwisata ke Ancol terus dijaga kualitasnya. Selain tenaga kebersihan yang diturunkan setiap hari, kini Manajemen Taman Impian Jaya Ancol menambahkan sebuah alat untuk membersihkan pasir putih tersebut.

Beach cleaner atau mesin pembersih pantai didatangkan langsung dari Amerika Serikat. Alat ini dihadirkan pada akhir 2017. Berfungsi sebagai penyaring pasir dari sampah atau kotoran yang berada dipermukaan ataupun didalam pasir.

Cara kerjanya, alat ini akan melewati pasir dan menyerap sampah sekaligus memisahkannya dari pasir tersebut. Dengan sistem vacuum (penyedotan) seluruh sampah yang terangkut akan terpilah dan menumpuk di bak yang terdapat dalam alat tersebut. Adapun daya tamping sampah dalam bak tersebut sekitar 1500 ton sampah. Alat ini juga mampu membersihkan area pantai seluas 7 hektar per jamnya.

Dioperiskan 3 kali dalam seminggu, dengan kisaran waktu 2-3 jam, diharapkan alat ini dapat menjaga kualitas pasir Pantai Ancol.

“Kami melakukan investasi tidak hanya dengan penambahan pasir putih sepanjang 3,5 km tetapi juga menghadirkan beach cleaner agar pengunjung nyaman menikmati pantai Ancol,” ujar Teuku Sahir Syahali, Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol dalam keterangan resminya yang diterima Jakarta Review, 4/1/2018.

Sebagai destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisaawan terutama keluarga dan anak-anak, Manajemen Ancol senantiasa memperhatikan seluruh aspek yang menunjang kenyamanan pengunjung agar selalu gembira rekreasi di pantai Ancol.

Namun Manajemen juga berharap wisatawan yang hadir di area pantai ikut menjaga kebersihan pantai untuk membuang sampah pada tempatnya. Sebab tempat sampah juga tersedia sangat cukup di sepanjang area pantai. Terlebih sampah yang dihasilkan kebanyakan kemasan makanan dan minuman serta punting rokok yang dibuang sembarangan. Sebagai himbauan, Manajemen juga terus mengingatkan pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan pantai melalui spanduk maupun pengeras suara oleh petugas penjaga pantai. (win)

 

 

Related Articles

Back to top button