BUMD

Bank DKI Raih Penghargaan The Best Indonesia Sales Marketing 2023

Bank DKI raih penghargaan di ajang 6th Indonesia Sales & Marketing Award 2023. (dok: Bank DKI)

Jakarta Review, Jakarta – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Bank DKI. Terbaru, Economic Review mengapresiasi Bank DKI sebagai penerima penghargaan kategori Gold Award “The Best Indonesia Sales Marketing, (Category: Regional Development Bank)”.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI, Henky Oktavianus, dalam gelaran 6th Indonesia Sales & Marketing Award 2023 dengan tema “Innovation Breakthrough Of Artificial Intelligence In The Digital Marketing Era”, di Jakarta pada Jumat (28/07).

Direktur Ritel dan Syariah PT Bank DKI, Henky Oktavianus pada saat menerima penghargaan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Economic Review sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja positif Bank DKI, utamanya dalam mengelola strategi bisnis perusahaan selama periode ekonomi yang menantang.

“Kami berharap kedepannya penghargaan ini terus menjadi motivasi bagi Bank DKI dalam memberikan kinerja terbaiknya terutama dalam menyusun strategi bisnis dari aspek sales maupun marketing baik funding ataupun lending, serta selalu dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terutama para nasabah,” ungkap Henky.

Melalui keterangan tertulis, Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, menyampaikan seiring strategi bisnis yang diimplementasikan turut berdampak terhadap kinerja Bank DKI, tercatat sampai dengan Juni 2023, Bank DKI mencatatkan pertumbuhan kinerja kredit dan pembiayaan sebesar 14,82% menjadi Rp50,11 triliun, dari Rp43,64 triliun pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Pertumbuhan penyaluran kredit dan pembiayaan Bank DKI ini lebih baik dari pertumbuhan kredit dan pembiayaan secara nasional berdasarkan data Statistik Perbankan Indonesia (SPI) yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga April 2023 yang tumbuh sebesar 8,26%, serta lebih baik dari rata-rata pertumbuhan kredit dan pembiayaan BPD yang tumbuh sebesar 10,07%.

Pencapaian tersebut turut mendorong pertumbuhan total aset menjadi sebesar Rp82,00 triliun pada Juni 2023 atau meningkat 12,08% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp73,17 triliun.

Fidri juga mengungkapkan seiring dengan pertumbuhan kinerja yang baik serta berbagai implementasi strategi bisnis yang dilakukan, sampai dengan periode Juli 2023 Bank DKI telah berhasil meraih 55 kategori penghargaan dari lembaga independen pada berbagai bidang, seperti sumber daya manusia (SDM), leadership, tata kelola perusahaan, manajemen risiko, hingga penguatan dan peningkatan produk dan layanan digital, diantaranya BUMD Kinerja Sangat Baik oleh Infobank, Top Bank 2023 in BPD – Capital >4 Trilion Category dan Indonesia Top Banking CEO Awards 2023 oleh The Iconomics serta Indonesia Most Prestigious Company 2023 with Outstanding in Accomodating Various Needs of Public Financial Transaction oleh Warta Ekonomi.

Sebagai informasi, Indonesia Sales & Marketing Award 2023 merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan yang dinilai telah melakukan penyesuaian model bisnis di tengah dinamika serta persaingan yang ketat melalui pendekatan Sales Management dan Marketing Strategy yang terbaru berbasis Konsep Customer Centric Driven.

Mekanisme penilaian penghargaan didasarkan kinerja Sales Marketing perusahaan dengan berlandaskan pada dua lingkup utama, yaitu Annual Report 2022 dan Website beserta Data Publik.

Sementara itu Associate Professor Business IPMI International Business School and Director Business Asia Australia Network Frontliner Services (Assoc), Prof. Leonnard Ong, yang turut hadir sebagai keynote speaker menyatakan bahwa setiap perusahaan harus menyusun strategi marketing terbaiknya melalui customer journey yang dimiliki tiap-tiap perusahaan sehingga bisa memberikan kontribusi terbaik bagi kinerja perusahaan dalam lini bisnisnya.

“Dengan pendekatan customer journey diharapkan perusahaan bapak ibu bisa merumuskan strategi bisnis dan marketing yang sesuai dengan target pasar perusahaan masing-masing, baik dari customer service yang ditingkatkan, maupun quality dari produk yang ditawarkan ke konsumen,” jelasnya.

Dibawah kepemimpinan Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, Bank DKI semakin adaptif dalam pengembangan layanan perbankan digital untuk memperluas akses keuangan masyarakat seperti super apps JakOne Mobile, simple apps JakOne Pay, JakOne Abank dan layanan perbankan digital lainnya seperti Cash Management System, serta pengembangan aplikasi digital  lending untuk fasilitas kredit serta pembiayaan.

Dalam hal pelayanan transaksi non-tunai berbasis kartu, Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard sebagai kartu uang elektronik pada berbagai moda transportasi DKI Jakarta, tiket masuk museum serta tempat wisata kelolaan Pemprov dan BUMD DKI Jakarta, hingga transaksi di berbagai merchant yang bekerjasama dengan Bank DKI.

Aktif Bangun Kolaborasi untuk Akselerasi Bisnis

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan serangkaian kolaborasi telah dilakukan Bank DKI dengan berbagai entitas, diantaranya sinergi bersama BUMD Provinsi DKI Jakarta, kolaborasi dengan BPD dari seluruh Indonesia (BPD-SI) sebagai mandated lead arranger dalam penyaluran sejumlah kredit sindikasi, kerjasama dengan DPD Perbarindo DKI Jaya dalam pemanfaatan jasa layanan perbankan digital Bank DKI, khususnya kepada nasabah BPR/BPRS, kolaborasi Bank DKI dengan Himbara, Perbanas dan Indomaret hadirkan fitur dalam aplikasi layanan keuangan JakOne Mobile untuk melakukan tarik tunai tanpa kartu (cardless) melalui seluruh jaringan ATM BCA, BNI, serta gerai Indomaret yang tersebar di Indonesia, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada nasabah.

Belum lagi kolaborasi dengan BC Card Asia Pasifik untuk implementasi sistem pembayaran ritel berupa sistem layanan acquiring. Hingga yang terbaru Bank DKI berkolaborasi bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang memungkinkan kartu uang elektronik Bank DKI JakCard digunakan untuk pembayaran tiket Commuter Line Jabodetabek. Selain itu, kini pengguna JakCard dapat melakukan pengisian ulang (top up) menggunakan ponsel berfitur NFC melalui aplikasi JakOne Mobile atau melalui aplikasi Tokopedia.

Related Articles

Back to top button