BUMD

Gagas Cara Qurban Cerdas, Perumda Pasar Jaya Gunakan Besek sebagai Pengganti Plastik

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief saat memberikan sambutan di acara pemotongan hewan qurban yang digelar Manajemen Perumda Pasar Jaya di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. (dok: Humas Perumda Pasar Jaya)

Jakarta Review, Jakarta – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H, Manajemen Perumda Pasar Jaya menggelar acara penyembelihan hewan qurban diberbagai area pasar yang ada di Jakarta.

“Untuk acara qurban tahun ini ada 153 ekor sapi dan 39 ekor kambing atau domba yang tersebar di 153 pasar yang ada di Jakarta. Adapun acara dipusatkan di dua lokasi yakni Pasar Pramuka dan Pasar Induk Kramat Jati,” ujar Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin.

Secara simbolis acara pemotongan hewan qurban dipimpin langsung oleh Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin di Pasar Pramuka dan Pasar Induk Kramat Jati.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Pusat Bimbingan Rohani Islam (Pusbinroh) Perumda Pasar Jaya M Nurhafidz, Manager UPB Pasar Induk Kramatjati Agus Lamun dan beberapa jajaran manajemen Perumda Pasar Jaya lainnya.

“Ada 19 ekor sapi dan 19 ekor kambing di Pasar Induk Kramat Jati. Sementara di Pasar Pramuka terdiri dari 6 ekor sapi dan 2 ekor kambing,” tutur Arief.

Gagas Cara Qurban Cerdas

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin secara simbolis memimpin acara peyembelihan hewan qurban di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. (dok Humas Perumda Pasar Jaya)

Arief menuturkan acara pemotongan hewan qurban merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun diselenggarakan oleh Perumda Pasar Jaya dalam rangka menjalankan salah satu amanah ajaran Agama Islam.

Pada Perayaan Idul Adha tahun ini, Manajemen Perumda Pasar Jaya menggagas cara qurban cerdas yang peduli lingkungan dengan menggunakan besek bambu sebagai wadah untuk menampung daging.

“Khusus tahun ini saya  mendapat tugas dari Gubernur DKI Anies Baswedan untuk mensosialisasi Ibukota bebas dari sampah atau limbah plastik. Karenanya dalam kaitan Idul Qurban, Perumda Pasar Jaya menggalang penggunaan besek sebagai pengganti plastik,” cetus Arief.

Ratusan ribu besek sudah tersebut lanjut Arief sudah disebar di seluruh pasar yang ada di Jakarta.

“Untuk internal Perumda Pasar Jaya sendiri kami menggunakan 20 ribu besek sebagai wadah daging qurban pengganti kantong plastik,” tandas Arief. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close