BUMD

Gandeng Bank DKI, Dishub DKI Jakarta Luncurkan Simpel PKB

Petugas uji KIR tengah menunjukkan aplikasi Simpel PKB kepada Gubernur DKI, Anies Baswedan (tengah) dan Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo (kanan) di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (17/9/2019). (Dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2019, Dinas Perhubungan DKI Jakarta bekerjasama dengan Bank DKI meluncurkan Sistem Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (Simpel PKB). Layanan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pemilik kendaraan niaga melakukan pengujian KIR kendaraan bermotor dan pembayaran secara online.

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Demikian disampaikan Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, (17/09).

Simpel PKB sendiri terdiri dari 5 (lima) fitur yakni Pendaftaran Booking Online melalui aplikasi e-KIR Jakarta Booking, Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah (SIMPAD), Integrasi Sistem Layanan dan Pemeriksaan Teknis, Smart Card atau Buku Uji Elektronik serta Dasboard Cek KIR, Sistem Data Monitoring (SIDAMON) PKB dan Portal PKB.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyampaikan peluncuran Simpel PKB ini merupakan bukti nyata Dinas Perhubungan dalam meningkatkan layanan dengan memberikan kemudahan pengujian KIR kepada pemilik kendaraan niaga di Jakarta berkode plat nomor B. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses uji KIR akan terpangkas jauh lebih cepat dibandingkan proses sebelumnya yang berkisar 1 s/d 2 jam menjadi 15 s/d 20 menit. Kami mengucapkan apresiasi kepada Bank DKI dalam mendukung terciptanya layanan ini.

Dengan adanya kemudahan Simpel PKB, Syafrin berharap pemilik kendaraan niaga baik perorangan ataupun perusahaan dapat memenuhi kewajibannya untuk melaksanakan uji berkala KIR sehingga memberikan jaminan keselamatan & kenyamanan bagi pengguna kendaraan niaga untuk turut menciptakan kelestarian lingkungan dengan mengurangi tingkat polusi yang disebabkan oleh emisi kendaraan.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menjelaskan, setelah melakukan booking online, pemilik kendaraan niaga dapat langsung melakukan pembayaran secara non tunai melalui JakOne Mobile, EDC, ATM Bank DKI ataupun Cash Management System.

Secara eksklusif, perusahaan yang ingin melakukan uji KIR secara kolektif dapat menggunakan aplikasi layanan Cash Management System Bank DKI yang sudah terintegrasi dengan 4 (empat) Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) wilayah DKI Jakarta yakni Pulogadung, Ujung Menteng, Kedaung Kali Angke dan Cilincing. “Kami bangga bahwa layanan ini merupakan yang pertama di Indonesia” ujar Herry Djufraini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Layanan e-KIR kolektif masyarakat dapat mengakses melalui website http://kolektif-ekir.jakarta.go.id/. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close