CSR

Respon Cepat Bencana Banjir Jabodetabek, RNI Serahkan Bantuan Perahu Karet dan Logistik

Dirut PT RNI (Persero) Arief Prasetyo Adi menyerahkan langsung bantuan kepada Ikatan Anggota Pendukung Palasi SMA 1 Jakarta (IAPP) Peduli Lingkungan dan Bencana, Sabtu, 20 Februari 2021, di Jakarta. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) merespon cepat bencana banjir yang menerjang wilayah Jabodetabek dengan menyalurkan bantuan berupa perahu karet dan kebutuhan logistik. Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi kepada Ikatan Anggota Pendukung Palasi SMA 1 Jakarta (IAPP) Peduli Lingkungan dan Bencana, Sabtu, 20 Februari 2021, di Jakarta.

Menurut Arief, bantuan perahu karet ini bertujuan untuk membatu proses evakuasi warga yang masih terjebak banjir di wilayah Jakarta, selain itu untuk mendukung proses mobilisasi logistik ke sejumlah titik, mengingat berdasarkan informasi masih banyak warga yang terjebak atau memilih bertahan di pemukiman mereka yang telah terpendam banjir.

“Melihat kondisi banjir yang cukup masif melanda wilayah di Jabodetabek, maka RNI berinisiatif untuk segera menyalurkan bantuan berupa perahu karet dan logistik. Batuan perahu karet kami serahkan langsung kepada IAPP sementara bantuan logistik langsung didistribusikan ke sejumlah titik oleh Satgas Bencana Internal RNI,” ujarnya.

Adapun untuk bantuan logistik, RNI menyalurkan kebutuhan pokok dan sandang kepada masyarakat di tiga titik wilayah yaitu Jakarta, Tangerang dan Depok, serta Bekasi. Arief mengatakan, secara internal, RNI membentuk Tim Bantuan Banjir untuk menghimpun dan menyalurkan bantuan bagi para korban banjir. Bantuan tersebut akan disalurkan secara berkala.

Arief mengatakan, aktivitas ini merupakan bagian dari bentuk Tanggung Jawab Sosial RNI bagi masyarakat. “Sebagai BUMN, RNI tidak hanya menjalankan aktivitas bisnis yang berorientasi profit semata tetapi juga menjalankan fungsi sosial dengan memberikan bantuan dan kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar khususnya yang terdampak bencana,” ujarnya.

Ia berharap bantuan yang disalurkan ini dapat menyelamatkan dan meringankan beban masyarakat yang terdampak sehingga dapat segera bangkit dan beraktivitas kembali setelah banjir reda.

Sementara itu, Kepala Bidang Peduli Lingkungan dan Bencana IAPP Octave Kalesaran, mengatakan, bantuan perahu karet ini sangat berguna dan berarti ditengah kondisi bencana banjir seperti yang saat ini terjadi di sekitar Jakarta.

“Setelah kami terima, perahu karet tersebut langsung dioperasikan untuk melakukan evakuasi  di daerah Mampang Kecamatan Pancoran. Dimana dilokasi ini terdapat 500 kepala keluarga terdampak, diantaranya terdapat balita dan ibu hamil,” ujarnya.

Ia berharap, kolaborasi antara kelompok peduli lingkungan dengan korporasi seperti yang dilakukan RNI dapat terus terjalin guna menghadapi dan mengantisipasi kondisi bencana kedepannya.

Related Articles

Back to top button