BIROKRASI

4.000 Restoran, Hotel, Tempat Hiburan, dan Parkir Ditargetkan Masuk Sistem Pajak Online DKI

Petugas Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Provinsi DKI Jakarta memasang stiker online sistem pajak daerah pada tiga restoran di Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada hari Rabu, 11 September 2019. (Dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta mulai gencar memasang sistem pajak online daerah di usaha sektor hiburan, restoran, hotel, dan parkir.

Kepala Bidang Pengendalian BPRD DKI Jakarta Wahyu Dianari menjelaskan usaha yang telah terintegrasi dengan Tax Online System of Jakarta (Toska) akan dipasangi stiker untuk ditandai.

“Pemasangan sistem online ini agar langsung terpasang ke Wajib Pajak (WP). Saat ini, kami sedang menggalakkan pemasangan sistem online ini. Hari ini, ada tiga restoran yang kita datangi yaitu Olivier, The Duck King, dan Mr. Park sekitar mal Grand Indonesia. Tujuannya untuk mengoptimalkan adanya pajak daerah,” paparnya saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Wahyu melanjutkan hingga akhir 2019, pihaknya menargetkan 4.000 stiker online terpasang di restoran, hotel, tempat hiburan, dan parkir. Pemasangan stiker dimulai dari awal September hingga akhir tahun ini.

“Tahap awal ada 4.000 WP di DKI Jakarta yang terpasang stiker ini. Kami baru dapat 815. Tahapannya kami sosialisasikan dulu, kemudian dilakukan pencocokkan alat dengan BPRD DKI Jakarta dan terakhir pemasangan alat ini. Insyaallah, kami optimistis optimalisasi pajak akan terlampaui. Kami berharap sekali dengan online ini dapat terawasi dengan tenang dan aman,” tambahnya.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2019, penerimaan dari pajak hotel ditargetkan mencapai Rp1,8 triliun. Kemudian, pajak restoran senilai Rp3,5 triliun, pajak hiburan Rp900 miliar, dan pajak parkir Rp750 miliar.

Per Rabu (11/9), pendapatan dari pajak hotel telah mencapai Rp1,1 triliun, pajak restoran Rp2,4 triliun, pajak hiburan Rp544 miliar, dan pajak parkir Rp362 miliar.

Sumber: Bisnis.com

Tags

Artikel Terkait

Close