BIROKRASI

Cegah Penularan Virus Corona, Anies Minta Aktivitas Perkantoran Dihentikan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta aktivitas perkantoran dihentikan sementara untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Penghentian aktivitas ini berlangsung selama 2 minggu, mulai dari 23 Maret sampai 5 April 2020.

Permintaan Anies Baswedan ini disampaikan dalam bentuk Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penghentian Sementara Kegiatan Perkantoran dalam Rangka Mencegah Penyebaran Wabah Covid-19. Seruan dibuat menyusul status tanggap darurat bencana Covid-19 Jakarta.

“Ini statusnya seruan, tetapi menegaskan bahwa seluruh kegiatan perkantoran untuk sementara waktu dihentikan, menutup fasilitas operasional, dan tidak melakukan kegiatan perkantoran, tapi lakukan kegiatan di rumah,” ujar Anies dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Anies menyebutkan lima poin yang perlu dilakukan perusahaan di Jakarta dalam seruan tersebut. Dia berharap perusahaan atau dunia usaha ikut bertanggung jawab mencegah penularan virus corona di Jakarta yang sekarang menjadi pusat wabah corona.

Pertama, perusahaan diimbau menghentikan seluruh kegiatan perkantoran untuk sementara waktu, menutup fasilitas operasional, dan melakukan kegiatan berusaha dari rumah. Kedua, bagi perusahaan yang perkantorannya, diminta untuk mengurangi kegiatan tersebut sampai batas minimal (jumlah karyawan, waktu kegiatan, dan fasilitas operasional). Mendorong sebanyak mungkin karyawan untuk bekerja dari rumah.

Ketiga, memperhatikan surat Edaran Menaker No. M/3/HK.04/I1/2020 tentang Perlindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19. Keempat, seruan ini berlaku 14 hari terhitung mulai tanggal 23 Maret 2020 sampai dengan tanggal 5 April 2020.

Kelima, informasi terkait penyebaran COVID-19 dapat dilihat melalui situs: https://corona.jakarta.go.id dan panduan terkait penanggulangan COVID-19 (poster, stand banner, dll) dapat diunduh melalui tautan: https://bit.ly/PublikasicoronaDKI.

“Pencegahan penyebaran COVID-19 hanya dapat dilakukan bila seluruh komponen masyarakat, termasuk dunia usaha, secara serempak dan secara disiplin melaksanakan pembatasan/kontak langsung secara ketat,”pungkas Anies.

Tags

Artikel Terkait

Close