BIROKRASI

Sandiaga: Taufik Bukan Penentu Pencopotan Wali Kota

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno saat memberikan sambutan di acara sosialisasi aplikasi Oyes di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara. (Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, usulan DPRD DKI Jakarta tentang pencopotan wali kota bukan penentu keputusan. Dia mengatakan, usulan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik akan dijadikan masukan saja.

“Masukan dari masyarakat itu, dari teman-teman di Dewan, jadi catatan bagi kami sendiri, tetapi tidak menentukan,” ujar Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (21/4/2018).

Sandiaga mengatakan, pergantian pejabat akan dilakukan dengan melihat kinerja dan profesionalisme. Apa yang disampaikan Taufik, kata Sandiaga, pasti membuat para wali kota merasa cemas atau was-was. Dia pun mengingatkan wali kota untuk tetap fokus bekerja. Mereka tidak boleh terlalu memusingkan masalah pergantian pejabat.

“Yang selalu saya sampaikan kepada Pak Wali, kerja saja,” katanya.

Mereka diminta menghiraukan kritikan semacam itu. Apalagi jika kritiknya memiliki unsur like and dislike. Kecuali, kata Sandiaga, kritikannya berkaitan dengan kinerja wali kota selama ini. “Kalau arahnya kinerja, dikasih tahu di mana kinerjanya kurang, ya, itu untuk diperbaiki,” kata Sandiaga.

Siap Diganti

Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi mengaku siap jika dicopot dari jabatannya.

“Saya siap, diganti hari ini pun tenang saja lah,” kata Tri seperti dikutip Kompas.com, Jumat (20/4/2017).

Tri menanggapi ucapan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik yang mengusulkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merombak semua wali kota dan Bupati Kepulauan Seribu. Perombakan dilakukan agar ada penyegaran dan regenerasi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Taufik menyebut Tri dan Wali Kota Jakarta Barat Anas Effendi yang harus diganti.  Terkait kinerjanya yang diragukan, Tri enggan berkomentar.

“Saya enggak perlu menanggapi lah,” ujarnya.

Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad menolak berkomentar disebut sebagai satu-satunya wali kota yang kinerjanya dipuji Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik.

“Bukan domain saya untuk mengomentari, itu kewenangan pimpinan ya. Kalau kita komentar jadi polemik nanti,” kata Husein saat ditemui di Jalan Papanggo, Jakarta Utara, Jumat (20/4/2018).

Husein menyatakan hanya akan fokus bekerja dan tidak mau ambil pusing dengan isu-isu tersebut. “Kita ngerjain tugas aja, segini banyak kerjaan. Itu domainnya pimpinanlah,” tuturnya.

Sumber: Kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Close