MEGAPOLITAN

Dukung Program Jakarta Sadar Sampah, Bank DKI Rangkul Komunitas JakOne Artri di Rusun Pesakih

Bank DKI merangkul penghuni Rusun Pesakih, Jakarta Barat, untuk bergabung ke dalam komunitas JakOne Artri.  (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Mendukung program Gerakan Jakarta Sadar Sampah sebagai sebuah upaya kolaborasi bersama untuk Jakarta yang lebih bersih, Bank DKI merangkul penghuni Rusun Pesakih, Jakarta Barat, untuk bergabung ke dalam komunitas JakOne Artri. Demikian disampaikan Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini, dalam keterangan tertulis di Jakarta (5/10).

Dengan menjadi bagian dari komunitas JakOne Artri, warga di Rusun Pesakih akan mendapatkan manfaat yakni pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan modern. “Komunitas JakOne Artri melakukan pengelolaan sampah secara modern dengan melakukan langkah 3R, yakni reduce (kurangi), reuse (gunakan kembali), dan recycle (daur ulang). Setelah melakukan 3R, sampah pun dapat langsung ditukarkan menjadi uang elektronik JakOne Pay,” ucap Herry.

Untuk semakin memberikan kemudahan bagi komunitas JakOne Artri di Rusun Pesakih, telah disiapkan juga titik bank sampah di sekitar Rusun Pesakih. Bank sampah ini berguna sebagai tempat pengumpulan sampah yang sudah dipilah-pilah oleh komunitas JakOne Artri. “Kehadiran bank sampah di Rusun Pesakih diharapkan dapat semakin mendorong semangat peduli lingkungan komunitas JakOne Artri di Rusun Pesakih,” ujar Herry.

Terbentuknya komunitas JakOne Artri ini memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat, yaitu menjadi sumber penghasilan tambahan, menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, serta upaya menjaga kelestarian bumi secara modern.

Bagi warga, pengepul sampah, maupun pengusaha sampah yang tertarik menjadi bagian dari komunitas JakOne Artri, Herry mempersilahkan untuk dapat mengunjungi situs bit.ly/jakoneartri guna memperoleh informasi lebih lanjut terkait persyaratan keikutsertaan. “Tentunya kami ingin semakin banyak lagi masyarakat, khususnya di Jabodetabek, yang secara aktif tergabung dalam komunitas JakOne Artri, sehingga kita dapat bersama-sama menyelematkan Bumi melalui pengelolaan sampah yang modern,” tutup Herry.

Selain JakOne Artri,  Bank DKI sebelumnya juga telah berkolaborasi dengan penghuni rusun dalam Program Kebun Hidroponik. Program tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan menyediakan fasilitas kebun hidroponik dan pembinaan kepada kepada para petani hidroponik di Rusun Pesakih.

Dukung Transaksi Keuangan Komunitas Rusun

Untuk mendukung transaksi keuangan penghuni rusun, Bank DKI juga memiliki kantor layanan setingkat kantor kas pada 14 rusun di DKI Jakarta. Pembukaan kantor layanan ini dimaksudkan untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan/pembayaran tagihan sehari-hari seperti pembayaran IPL, tagihan listrik, tagihan air, tagihan pajak, sampai dengan pembayaran retribusi daerah. Seluruh pembayaran tagihan tersebut juga dapat dilakukan melalui aplikasi JakOne Mobile.

Untuk mendukung transaksi keuangan bagi penghuni rusun, Bank DKI juga menerbitkan Kartu Penghuni Rusun yang merupakan kartu multifungsi yang dapat digunakan sebagai kartu identitas, kartu pembayaran, dan juga sebagai kartu akses untuk fasilitas layanan publik.

Related Articles

Back to top button