KULINARIMEGAPOLITAN

Esteboo, UMKM Jakpereneur Pertama Hadir di Grand Indonesia  

Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah (UKM) Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo bersama Direktur Utama PT Esteboo Manis Indonesia, Saweri Sampetoding melakukan prosesi gunting pita sebagai tanda diluncurkannya Gerai Esteboo yang ke-7 di Food Court Grand Indonesia, Jakarta, Jumát 19 November 2021. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Direktur Utama PT Esteboo Manis Indonesia, Saweri Sampetoding meluncurkan Gerai Esteboo yang ke-7 di Food Court Grand Indonesia, Jakarta, Jumát 19 November 2021.

Acara peluncuran gerai dihadiri oleh Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah (UKM) Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo sekaligus meresmikan pembukaan outlet tersebut.

Elisabeth mengatakan sebagai SKPD yang paling bertanggung jawab akan kesuksesan program Jakpreneur, pihaknya sangat bangga karena ada anggota Jakprenur yang sudah masuk dan membuka outlet dalam Mal seperti Grand Indonesia, karena sejauh ini belum ada UMKM anggota Japreneur yang eksis di dalam Mal.

“Saya bangga ikut serta meresmikan outlet Esteboo di Grand Indonesia ini. Bagi saya ini adalah salah satu contoh yang sangat luar biasa karena di tengah situasi pandemi Manajemen PT Esteboo Manis Indonesia yakni  bisa tetap mampu mengembangkan bisnisnya dengan menambah outlet  baru. Apalagi gerai baru tersebut berada di dalam Mal yang sangat prestisius di jantung pusat Jakarta” ujarnya.

Menurutnya Esteboo adalah pionir UMKM Jakpreneur yang berkiprah di dalam Mal. Dengan demikian materi-materi bimbingan yang kami lakukan di Jakpreneur kepada UMKM untuk mengembangan bisnisnya berhasil. Karena itu dirinya berharap kiprah dari Esteboo ini bisa menjadi inspirasi dari UMKM lain.

“Pelajaran yang dapat diambil dari kiprah Esteboo ini adalah perbaikan yang berlelanjutan di tengan pandemi, sehingga bisa menambah gerai lagi dan bisa membuka gerai di dalam Mal. Hal ini tentu sedikit banyak karena ada inovasi-inovasi yang dilakukan antara lain diversifikasi produk varian rasa dan kemasan yang menarik sehingga bisa menjawab kebutuhan masyarakat” tuturnya.

Lebih lanjut Elisabeth menambahkan dirinya berharap agar Esteboo bisa berkembang tidak saja di Jakarta tapi juga diluar Jakarta dan bisa menginspirasi Jakpreneur yang lain untuk mengangkat minuman lokal Indonesia ke Pasar global.

Pada kesempatan yang sama, Saweri Sampetoding Direktur Utama PT Esteboo Manis Indonesia mengatakan pihaknya berterima kasih atas kehadiran Kadis PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo sekaligus meresmikan pembukaan outlet Esteboo ini.

Mantan Ketua HIPMI Jakarta Pusat pada didang makanan dan minuman ini mengatakan dirinya juga berterimakasih atas bimbingan yang diperoleh sejak menjadi anggota Jakpreneur sehingga bisa berkembang seperti saat ini.

Saweri mengatakan, pembukaan outlet di Food Court Grand Indonesia ini adalah outlet yang kesekian kalinya. Sebelumnya outlet Esteboo sudah hadir di beberapa tempat seperti, Petak Enam Glodok, Pantai Indah Kapuk, Mall Kelapa Gading 1,  Bintaro, Djakarta Theatre Jalan MH Thamrin, Pusat Grosir Cililitan (PGC) dan Graha Mandiri Imam Bonjol.

“Mudah-mudahan dengan berbagai inovasi yaang terus kita lakukan outlet Esteboo akan berkembang lagi di lokasi yang lain” ungkapnya.

Berdasarkan riset yang kita ketahui, sejak tahun 2017 hingga 2019 peritel dari segmen F&B berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan hingga 18%. Diproyeksikan pendapatan sektor ritel Makanan dan Minuman (MaMin) di Indonesia akan menembus US$793 juta di tahun 2019 dan akan terus tumbuh hingga 2023. Tingginya minat masyarakat untuk membelanjakan uangnya pada produk MaMin membuat sektor bisnis ritel F&B menjadi primadona di mata pengusaha saat ini.

“Terkait proyeksi itulah saat ini saya pribadi ikut mengembangkan minuman sari manis tebu yang kita namakan Estebbo untuk meramaikan bisnis di sektor F&B ini” tutur Saweri.

Menurutnya pasar minuman manis dingin yang tidak pernah sepi peminat, misalnya minuman boba, es kopi susu dan milk tea yang sedang naik daun dan digandrungi di 2 tahun belakangan ini. Hal ini tak lepas dari Indonesia yang merupakan negara tropis dan kebutuhan masyarakat atas minuman segar. Disisi lain, pilihan makanan atau minuman yang lebih sehat akan mewarnai tren makanan 2020 nanti.

“Salah satu bisnis minuman yang kerap kita jumpai sebagai alternatif minuman segar dan menyehatkan adalah es tebu. Ditambah lagi harganya yang sangat terjangkau. Minuman es tebu diproyeksikan menjadi alternatif minuman kekinian yang sehat yang mampu diterima baik oleh masyarakat” tandasnya.

Back to top button