MEGAPOLITAN

Garap Pasar Senen Blok 1-2, Pembangunan Jaya Kucurkan Investasi Rp 900 M

Ground breaking Pasar Senen Blok 1 dan 2, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019) (Dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – PT Pembangunan Jaya melalui anak perusahaannya PT Jaya Real Property menginvestasikan dana Rp 900 miliar untuk menggarap proyek Pasar Senen Blok 1 dan 2, Jakarta Pusat. Korporasi menargetkan penyelesaian proyek pada April 2022.

Seremoni pemancangan tiang pancang pertama (ground breaking) dilaksanakan di lokasi proyek, Jalan Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019). Hadir dalam seremoni ini , Direktur Utama PT Pembangunan Jaya, Trisna Mulyadi dan Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Megantara.

Menurut Trisna Mulyadi, semula perusahaan berencana membangun Pasar Senen Blok 5. Namun, rencana ini akhirnya dibatalkan.

“Tapi karena ada peristiwa kebakaran, maka yang kami bangun dulu adalah blok satu dan dua,” ujar Trisna.

Seperti diketahui, Pasar Senen Blok 1 dan 2 terbakar pada 19 Januari 2017. Pascakebakaran, para pedagang direlokasi di tempat sementara.

Pasar Senen, lanjut Trisna, merupakan salah satu pasar tertua di DKI Jakarta, selain Pasar Tanah Abang.

“Pasar Senen memiliki arti khusus bagi Pembangunan Jaya. Pasar Senen merupakan proyek pertama dari Pembangunan Jaya, pada 1961,” kata Trisna.

Manager Proyek Pasar Senen Jaya I dan II Suhadirman mengatakan, pembangunan dua blok Pasar Senen itu membutuhkan biaya Rp 900 miliar yang pembangunannya ditargetkan selesai pada April 2022.

Pembangunan kembali Blok I dan II Pasar Senen diharapkan dapat kembali memenuhi kebutuhan lapak bagi para pedagang yang sebelumnya pernah menempati kawasan itu untuk menjajakan barang dagangannya.

“Kami melihat bahwa membangun kembali Pasar Senen Jaya I dan II jauh lebih penting saat ini, terutama bagi para pedagang lama yang sudah dari dulu berjualan di area tersebut,” ujar Suhadirman.

Nantinya, Pasar Senen Blok I dan II terdiri atas enam lantai di atas lahan seluas 69.600 meter persegi. Dua lantai yaitu bagian paling bawah dan atas direncanakan menjadi lahan parkir bagi pengunjung.

Sistem keamanan juga turut diprioritaskan dalam pembangunan Blok I dan II Pasar Senen itu.

“Pasar ini juga nantinya dilengkapi CCTV 24 jam yang diletakkan di setiap sudut bangunan,” ujar Suhadirman.

Bahkan, di setiap sudut bangunan pasar itu akan dipasang “early warning system” yang dapat melacak potensi terjadinya kebakaran dan memantau keseluruhan area.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara menyatakan, Pasar Senen menjadi bagian tak terpisahkan dari Jakarta.

“Pasar Senen menjadi bagian dari sejarah Kota Jakarta. Pasar ini sangat menarik, karena menerapkan sistem tawar menawar,” ujar Bayu.

Pada bagian lain, Bayu menyebut perbedaan Pasar Senen dan Pasar Tanah Abang. Menurut Bayu, Pasar Tanah Abang terkoneksi dengan stasiun. Sedangkan Pasar Senen terkoneksi dengan stasiun dan terminal.

“Bahkan, nantinya Pasar Senen akan terhubung dengan LRT. Mudah-mudahan ini menjadi catatan sejarah,” ujar Bayu. (plt). (win)

Tags
Close