HUKUM

Astra International Belum Serahkan Kewajiban Fasum dan Fasos

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pembangunan Pemkot Jakarta Utara, Suroto (kanan) didampingi Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Ardan (kiri) dalam rapat penagihan di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Selasa (29/10/2019) (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta Review, Jakarta – PT Astra International belum menyerahkan kewajiban fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berada di wilayah Kota Jakarta Utara.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pembangunan Pemkot Jakarta Utara, Suroto mengatakan aset PT Astra International itu berada di terletak di Jalan Danau Sunter Selatan Kelurahan Sunter Jaya Kecamatan Tanjung Priok Kota Administrasi Jakarta Utara.

“Lokasinya saat ini digunakan PT Astra Daihatsu Motor,” jelas Suroto dalam rapat penagihan di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Selasa.

Suroto menjelaskan fasilitas yang diserahkan dalam bentuk tanah dengan lebar 8 meter yang berada dalam pagar perusahaan tersebut. Tanah tersebut akan ditambahkan lagi 7 meter milik Pemprov DKI sehingga lebar total 15 meter, untuk pembangunan dan peningkatan prasarana konstruksi Waduk Sunter Selatan di sisi timur.

Suroto mengatakan penyerahan fasilitas itu berdasarkan izin penggunaan pemanfaatan ruang (IPPL). Dimana badan usaha milik perorangan yang mempunyai izin pemanfaatan ruang, maka diwajibkan mempunyai fasilitas umum dam fasilitas sosial yang harus diserahkan kepada pemerintah daerah untuk kepentingan umum.

“Itu merupakan kewajiban perusahaan kepada pemerintah daerah,” tegas Suroto.

Pemkot Jakarta Utara bersama perwakilan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mengundang PT Astra International dan PT. Town City Porperties sebagai pemilik Surat Izin Penujukan Penggunaan Tanah (SIPPT).

Namun dalam pertemuan itu, hanya perwakilan PT Astra International yang tidak hadir tanpa alasan ke Pemkot DKI Jakarta.

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Close