KEBON SIRIH

DPC PDIP Jaksel Gotong Royong lawan Wabah Corona

Ketua DPC PDIP Jakarta Selatan Yuke Yurike mengiringi petugas yang sedang menyemprotkan desinfektanĀ  pada warga Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (29/3/2020). (Dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Kader DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan (Jaksel) bergotong royong turun ke masyarakat untuk melawan wabah Virus Corona (COVID-19) melalui berbagai kegiatan mulai dari penyemprotan disinfektan hingga pembagian pamflet pencegahan di berbagai lokasi rawan terpapar.

“Segenap pengurus mempersiapkan alat semprot termasuk cairannya beserta baju pelindung petugas semprot, pembuatan cairan sabun tangan sekaligus mengemas dalam botol-botol kecil, mengupayakan masker dan mencetak brosur dalam jumlah banyak” kata Ketua DPC PDIP Jakarta Selatan Yuke Yurike, dalam keterangan resminya diĀ  Jakarta, Minggu.

Dijelaskan, aneka kegiatan itu dilakukan di tiga kelurahan di tiga kecamatan, yakni Pejaten Timur, Pasar Minggu; Kelurahan Lenteng Agung, Jagakarsa; dan Kelurahan Menteng Dalam, Tebet, dengan akan berlanjut ke lokasi lainnya hingga wabah berakhir.

“Intinya hari ini serentak di beberapa wilayah. Ini sudah dilakukan dari minggu lalu dan ke depan siap di wilayah-wilayah yang memerlukan. Kegiatannya semprot disinfektan, bagi-bagi hand sanitizer dan masker serta pamflet pencegahan Corona, termasuk bantuan gotong royong lainnya,” katanya.

Hal terpenting lainnya adalah imbauan kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran serta berpikir positif bahwa ini bisa dilawan dengan menjaga imunitas dan disiplin diri.

“Upaya preventif dengan penyemprotan disinfektan, penerapan jaga jarak (social distancing) dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) akan terus disosialisasikan secara aktif kepada seluruh warga,” ucap Yuke.

Yuke juga yakin, dengan bergotong royong, maka ikatan persaudaraan kita sebagai satu bangsa akan semakin kuat.

“Berkaca pada keberhasilan China dan beberapa negara lain menghadapi wabah ini maka bahu-membahu antara warga, partai politik, pemerintah menjadi kunci keluar dari krisis ini,” katanya.

Sebulan penuh

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Adi Wijaya mengatakan, penyemprotan ini dilakukan secara serentak di 33 titik tersebar di lima daratan Jakarta dan satu di Kabupaten administrasi Kepulauan Seribu.

Menurut dia, penyemprotan ini bakal dilakukan selama sebulan penuh dengan jadwal sepekan tiga kali. Dengan demikian, potensi penyebaran virus di benda-benda milik masyarakat dapat ditanggulangi.

“Kami juga menyalurkan bantuan berupa masker masing-masing 6.000 di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Kemudian masing-masing 5.000 di Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu,” ucap Adi tanpa merinci berapa total anggaran kegiatan gotong royong melawan COVID-19 itu.

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Close