KEBON SIRIHMEGAPOLITAN

Ketum Bamus Betawi: Kami Ingin Mayjen (Pur) Edi M Nalapraya Dianugerahi Penghargaan Budaya Betawi 

Ketua Umum Bamus Betawi Zainudin saat memberikan sambutan di acara Halal Bihalal Bamus Betawi di Grand Cempaka Business Hotel Jakarta beberapa waktu yang lalu. (dok bamus)

Jakarta Review – Ketua Umum Bamus Betawi H Zainuddin MH SE mengapresiasi Fakultas Olahraga Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang baru-baru ini menganugerahi gelar Doktor Honoris Causa di bidang olahraga pencak silat kepada Mayor Jenderal (Pur) Eddie Marzuki Nalapraya.

Menurutnya penganugerahan gelar tersebut kepada beliau adalah sesuatu yang sangat pantas mengingat perjuangan beliau yang sangat total dan berdedikasi tinggi dalam memajukan dan mengenalkan olahraga pencak silat ke kancah Internasional sehingga bisa dipertandingkan di ajang olahraga multi even mulai dari Sea Games hingga Asian Games demikian penuturan Zainudin saat memberikan sambutan dalam acara Halal Bihalal dan syukuran penganugerahan gelar Doktor HC kepada Mayor Jenderal (Pur) Eddie M Nalapraya di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu 22/7/2017.

“Kami senang hadir di acara ini untuk bersilaturahmi dengan beliau. Bagi kami orang betawi, Pak Edi adalah sosok yang sangat lengkap. Apresiasi, pengayoman dan keteladanan beliau kepada kami sangat menonjol sehingga budaya betawi yang dulu terpinggirkan, kini berkat perjuangan beliau dalam mendorong lahirnya Perda Pelestarian Budaya Betawi bisa menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri,” ujar Oding demikian Zainuddin biasa dipanggil.

Apalagi lanjut Oding lahirnya Perda Nomer 6 tahun 2015 tentang Pelestarian Budaya Betawi, tak lama kemudian diikuti dengan lahirnya Peraturan Gubernur (Pergub) no 229 tahun 2016 dan terakhir (Pergub) No 11 tahun 2017 tentang ikon budaya betawi.

“Jadi bisa dikatakan kira-kira baru enam bulan ini orang Betawi dan budayanya resmi menjadi tuan rumah di Ibukota Jakarta,”jelas Oding.

Tak heran, sekarang beberapa ikon budaya betawi seperti ondel-ondel, kembang kelapa dan tarian betawi makin dikenal masyarakat. Bahkan beberapa tahun kedepan bisa dipatikan dinamika kehidupan Ibukota Jakarta akan diwarnai oleh budaya betawi.

“Kalau beberapa tahun lalu pembangunan Jakarta rasa Mc Donald, tahun ini dan seterusnya  pembangunan Jakarta menjadi rasa betawi,” cetus Oding.

Oding menambahkan, terkait jasa-jasa beliau yang sangat kental terhadap kemajuan budaya betawi tersebut, maka kami dari Bamus Betawi beberapa waktu yang lalu telah mengusulkan kepada Universitas Indonesia untuk bisa memberikan penghargaan kepada beliau sebagai tokoh budaya betawi.

“Kami sudah bersurat kepada UI, mudah-mudahan prosesnya lancar dan keinginan tersebut bisa diterima oleh civitas akademika UI,” tandasnya. (win)

Related Articles

Back to top button