MEGAPOLITAN

Luncurkan SIAP QRIS di Mall Grand Indonesia, BI Dorong Pengguna Segmen Menengah Atas

Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono sedang berdialog dengan pramuniaga toko di sela peluncuran program S.I.A.P QRIS – Sehat, Inovatif dan Aman Pakai QRIS di Mall Grand Indonesia, Jakarta, pada hari ini (2/09). (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Bank Indonesia (BI) terus mendorong digitalisasi pembayaran melalui kanal QRIS. Upaya tersebut salah satunya diwujudkan melalui peluncuran program S.I.A.P QRIS – Sehat, Inovatif dan Aman Pakai QRIS di Mall Grand Indonesia, Jakarta, pada hari ini (2/09).

Kegiatan turut dihadiri oleh Deputi Gubernur BI, Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI), Walikota DKI Jakarta dan sejumlah anggota Komisi XI DPR RI serta stakeholders terkait. Hingga saat ini, program S.I.A.P QRIS di DKI Jakarta telah dilakukan di 12 (dua belas) pasar tradisional dan 5 (lima) Pusat Perbelanjaan, termasuk Mall Grand Indonesia.

Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono menyampaikan peluncuran Program S.I.A.P QRIS Mall Grand Indonesia ini merupakan bagian untuk mendorong pengguna QRIS dengan segmen menengah atas yang dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta.

Doni pun turut mengajak seluruh pihak untuk terus berkolaborasi meningkatkan pembayaran transaksi secara digital guna memberikan manfaat khusunya bagi UMKM di Indonesia. Hal ini selaras dengan arahan Presiden RI dalam beberapa agenda besar nasional untuk mengembangkan UMKM melalui digitalisasi dan e-catalogue.

Lebih lanjut Doni menambahkan, BI akan terus mengembangkan QRIS bersama industri baik dari sisi fitur maupun penggunaannya termasuk konektivitasnya, secara cross border QRIS antarnegara Indonesia-Thailand yang telah resmi diluncurkan oleh Bapak Presiden pada tanggal 29 Agustus 2022 dan akan diperluas ke negara ASEAN lainnya.

Implementasi QRIS cross border dengan Thailand juga mempermudah para turis Thailand untuk bertransaksi di Indonesia termasuk di mall-mall.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga turut menyampaikan dukungannya terhadap penggunaan QRIS baik di pasar modern, tradisional, termasuk mall. Kementerian Perdagangan RI dalam hal ini tidak hanya melakukan cek komoditi di pasar-pasar namun juga memastikan bahwa semua pedagang telah terkoneksi dengan QRIS untuk pembayaran.

Senada dengan Wakil Menteri Perdagangan RI, Walikota DKI Jakarta, Dhany Sukma menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap program S.I.A.P QRIS melalui pencanangan pasar tradisional dan pusat perbelanjaan khususnya di wilayah DKI Jakarta guna memperluas akselerasi penggunaan QRIS sekaligus meningkatkan budaya disiplin dalam metode pembayaran sesuai protokol kesehatan (efisien, praktis dan higienis).

Digitalisasi pembayaran melalui kanal QRIS diharapkan dapat mendukung akselerasi pemulihan ekonomi nasional. Peluncuran program S.I.A.P QRIS sebelumnya telah dilaksanakan di mall Sarinah oleh Gubernur BI pada 19 Agustus 2022. Program S.I.A.P QRIS merupakan kolaborasi dan inisiasi bersama BI dengan Kementerian Perdagangan RI dan dalam perkembangannya mendapatkan respon, antusiasme dan dukungan yang besar dari para pelaku UMKM dan stakeholder terkait seperti Pemerintah Daerah DKI Jakarta melalui program QRIS Jakpreneur, Industri PJP, dan masyarakat luas.

Melalui program ini masyarakat diharapkan dapat berbelanja produk UMKM di dalam negeri dengan menggunakan QRIS guna mendukung dan memajukan perekonomian Indonesia untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Related Articles

Back to top button