MEGAPOLITAN

Meriahkan Harpelnas 2023, Kantor BPJamsostek Kelapa Gading Kunjungi Pasien RTW di Rumah Sakit Pekerja  

Meriahkan Harpelnas 2023, Kantor BPJamsostek Kelapa Gading Kunjungi Pasien RTW di Rumah Sakit Pekerja. (dok: Kantor Cabang Jakarta Kelapa Gading)

Jakarta – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Jakarta Kelapa Gading meramaikan peringatan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2023, setiap tanggal 4 September dengan menyapa langsung peserta.

Pada Harpelnas tahun ini, BPJamsostek mengusung tema “Kemudahan Layanan, Prioritas Kami”, yang sengaja dipilih sebagai bentuk penegasan komitmennya dalam memberikan layanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta.

Kepala Kantor Cabang Jakarta Kelapa Gading, Ivan Sahat H Pandjaitan  memimpin langsung kegiatan Harpelnas 2023 bersama Wakil Kepala Bidang Keuangan Kantor Wilayah DKI Bapak Sonit Tjuk Harsono dan tim serta seluruh karyawan Cabang Jakarta Kelapa Gading di Ruang Pelayanan pada Senin (4/9/2023).

“Dalam peringatan Hari Pelanggan Nasional 2023, kami memberikan aksi layanan langsung kepada peserta yang hadir di kantor cabang sebagai bentuk apresiasi dan berinteraksi lebih dekat dengan peserta,” ujar Ivan.

Interaksi dengan peserta dimaksud berupa mini games, tanya jawab, pembagian souvenir dan snack, serta pemberian hadiah souvenir khusus bagi peserta yang sedang berulang tahun.

Dalam kesempatan itu, Ivan menyampaikan, pekerja yang tumbuh dan kuat tidak serta merta dapat dicapai tanpa adanya perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sebagai jaring pengaman atas risiko-risiko yang berpotensi muncul.

Lebih lanjut Ivan, mengajak seluruh peserta untuk selalu memastikan diri dan orang-orang terdekat untuk terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan agar bisa Kerja Keras Bebas Cemas. Pihaknya juga memastikan BPJS Ketenagakerjaan selalu siap melayani peserta dengan prima dan sepenuh hati.

Untuk itu, Ivan mengingatkan setiap pekerja dan pemberi kerja untuk mendaftarkan diri dalam Program Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan, berupa Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Disamping itu, Ivan juga mengajak seluruh peserta untuk selalu memastikan diri dan orang-orang terdekat untuk terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan agar bisa Kerja Keras Bebas Cemas. Pihaknya juga memastikan BPJS Ketenagakerjaan selalu siap melayani peserta dengan prima dan sepenuh hati.

“BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kelapa Gading berkomitmen untuk selalu menghadirkan pelayanan terbaik kepada peserta, baik peserta yang datang langsung ke kantor cabang maupun peserta yang memanfaatkan seluruh akses digital yang telah disediakan seperti Jamsostek Mobile (JMO) dan Lapak Asik (Layanan Tanpa Kotak Fisik),” cetus Ivan.

Selain itu, Harpelnas kali ini juga dimanfaatkan untuk mengunjungi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menerima manfaat Program Jaminan Kecelakaan Kerja RTW (Return to Work) di Rumah Sakit Pekerja Jakarta, yang mana kunjungan tersebut dilakukan oleh Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan H Yayat Syariful Hidayat bersama Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Deny Yusyulian dan ikut mendampingi Kepala Kantor Cabang Jakarta Kelapa Gading, Ivan Sahat H Pandjaitan.

Dalam kunjungan tersebut Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan H Yayat Syariful Hidayat melakukan audiensi dengan pasien RTW Yudhistira (pekerja berprofesi sebagai mekanik di PT Pulau Seroja Jaya yang bergerak di bidang perkapalan) dan jajaran Direksi RS Umum Pekerja serta tim dokter spesialis yang menangani pasien Yudhistira.

Yayat memastikan Yudhistira yang mengalami kecelakaan kerja dan sebelumnya sempat ditangani di RS Siloam Purwakarta, akan ditangani dengan pelayanan terbaik dari Tim Medis yang ada di RS Umum Pekerja.

Ia mengatakan RTW merupakan program jaminan kecelakaan kerja yang bertujuan agar tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja (cacat) atau penyakit akibat kerja bisa kembali bekerja dan tidak merasa rendah diri.

Menurutnya, semua kecelakaan kerja yang menyebabkan disabilitas sebaiknya didaftarkan ke Program RTW BPJS Ketenagakerjaan karena tidak ada biaya atau iuran tambahan, justru manfaatnya yang semakin bertambah. Perusahaan tentunya akan terbantu jika tenaga kerjanya segera kembali bekerja. Program RTW tersebut sudah berlangsung selama peserta menjalani perawatan dan pengobatan sejak terjadinya kecelakaan kerja sampai dengan masuk kembali bekerja.

“Ini adalah bukti negara hadir untuk memastikan seluruh pekerja dan keluarganya dapat bekerja dengan aman dan hidup sejahtera. Meski tak dapat menggantikan kehadiran orang tersayang, kami berharap manfaat yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan dapat membantu keluarga melanjutkan hidupnya dengan layak dan bebas cemas,” ungkapnya.

Related Articles

Back to top button