BIROKRASIMEGAPOLITAN

Rusak, 580 Halte di Jakarta Segera Diperbaiki

Kondisi halte rusak yang akan menjadi target perbaikan. (istimewa)

Jakarta Review – Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan memperbaiki 580 halte yang saat ini mengalami kerusakan. Diharapkan, proses perbaikan ini bisa mulai dilakukan pada Agustus nanti.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan, dari 580 halte tersebut, 64 mengalami rusak berat, 129 rusak sedang dan 387 rusak ringan.

“Halte yang atapnya hilang, railing putus-putus itu kita kategorikan rusak berat. Kalau yang bekarat itu rusak sedang dan yang ringan itu kalau bautnya copot-copot,” ujar Yusmada seperti dikutip Indopos, (10/7).

Dikatakan Yusmada, proyek ini sekarang masih dalam proses lelang di Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ).

“Persiapan lelang sistem competitive catalogue (comcat) termasuk prosesnya dilakukan sudah sebulan ini, kami berharap Agustus bisa mulai,” tutur Yusmada.

Sistem lelang comcat merupakan cara pemerintah provinsi untuk memilih penyedia jasa pemeliharaan halte dan JPO di Jakarta.

“Untuk memastikan bahwa hal ini ditangani oleh spesialis. Kami yang paling penting untuk mendapatkan vendor yang sesuai,” jelasnya.

Alasan lain memilih sistem comcat adalah vendor yang bertanggungjawab nantinya bisa ditugaskan untuk melakukan perawatan rutin terhadap halte dan JPO.

“Dari sistem comcat, kami mendapatkan vendor-vendor perawatan rutin. Kalau sudah ada vendor dari comcat, nanti tinggal diberikan penugasan (untuk merawat halte dan JPO),” ujar Yusmada.

Di samping ditujukan untuk merawat halte, adanya comcat dimaksudkan untuk menambah muatan artistik terkini pada desain halte serta JPO. Seperti JPO Pasar Minggu dan halte di Sudirman yang sudah diperbaiki.

Selanjutnya, halte serta JPO yang rusak akan ditinjau untuk perbaikan dan pemeliharaannya pada Agustus 2017, menyesuaikan dengan selesainya proses lelang dengan sistem comcat. (win/Indopos)

Tags

Artikel Terkait

Close