DIDAKTIKA

Berkolaborasi dalam NUNI, 21 Perguruan Tinggi Perkuat Komitmen Mendorong Kualitas Pendidikan di Indonesia

Foto bersama Pimpinan Perguruan Tinggi NUNI. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Rektor dan Pimpinan dari 21 Perguruan Tinggi Indonesia yang tergabung dalam Jaringan Perguruan Tinggi Nusantara (NUNI) berkumpul di BINUS UNIVERSITY untuk memperkuat komitmen dalam mendorong pendidikan di Indonesia.

Bertempat di Library and Knowledge Center BINUS UNIVERSITY Kampus Anggrek, komitmen ini dibuktikan melalui prosesi penandatanganan Akta Pendirian Perkumpulan NUNI.

“Seiring dengan perkembangan dunia Pendidikan, maka anggota NUNI ingin agar perkumpulan ini memiliki dasar hukum yang jelas. Hal ini semata-mata untuk memudahkan para anggotanya mencapai tujuan akademik yang tidak hanya menguntungkan salah satu perguruan tinggi namun secara bersama berkontribusi bagi keunggulan daya saing pendidikan tinggi di Indonesia dan membantu pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia terutama dalam implementasi tridharma perguruan tinggi,” tutur Prof. Dr. Ir.Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS UNIVERSITY dalam sambutannya.

Penandatangan Akta ini bertujuan kolaborasi yang dijalankan memiliki komitmen agar jaringan ini dapat memberikan dampak terbaiknya dengan berupaya untuk meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi agar mampu mendorong anggota di lingkupnya memiliki daya saing di persaingan global.

Selain tujuan utama tersebut, Akta pendirian ini juga bertujuan turut mendukung Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Indonesia melalui kolaborasi dan pilar kerjasama NUNI yaitu Pertukaran Mahasiswa, Pertukaran dosen dan tenaga kependidikan, Riset dan inovasi serta peningkatan reputasi global.

Akta Pendirian ini telah dibentuk tim perumus yang terdiri dari Universitas Muhammadiyah Malang, Unika Soegijapranata, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Sebelas Maret dan tentunya Sekretariat NUNI yaitu BINUS UNIVERSITY.

Sejak pertama dideklarasikan pada bulan Oktober 2011 sebagai sebuah konsosrsium, kegiatan-kegiatan yang telah berjalan diantaranya Rapat Kerja Tahunan NUNI, Presidential Forum NUNI, NUNI Student Camp, kegiatan pertukaran antar dosen, Program Merdeka Belajar NUNI, seminar-seminar yang dilakukan baik secara luring maupun daring, riset bersama antar anggota NUNI, hingga kunjungan studi banding.

Diharapkan kerjasama yang dilakukan oleh anggota NUNI memiliki sumbangsih dan dampak bagi masyarakat dan kepentingan bangsa dan negara demi membawa Indonesia menjadi negara yang lebih baik.

Related Articles

Back to top button