DIDAKTIKA

Bersama PTS, LLDIKTI III Tandatangani Kontak Hibah Senilai 44,4 Miliar dari Kemendikbud Ristek

Bersama PTS, LLDIKTI III Tandatangani Kontak Hibah Senilai 44,4 Miliar dari Kemendikbud Ristek. (dok: Istimewa) 

Jakarta Review, Jakarta – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III mendorong Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta untuk turut memanfaatkan dana hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di tahun 2022 ini. Tahun ini PTS di Jakarta melalui LLDIKTI Wilayah III mendapatkan pendanaan yang bersumber dari Ditjen Dijtiristek dan Ditjen Diksi. Sejumlah judul Penelitian dan Abdimas tahap pertama yang berhasil tembus didanai pada tahun ini sebanyak 474 Judul Penelitian dan 43 Judul Abdimas.

“Pada Tahun ini sebanyak 44,4 Miliyar Rupiah didapatkan dari Ditjen Diktiristek dan 651 Juta didapatkan dari Ditjen Diksi untuk program penelitian dan abdimas tahun 2022 tahap pertama bagi PTS di LLDIKTI Wilayah III Jakarta, serta skema terbanyak adalah 120 Skema Penelitian Dosen Pemula (PDP), 95 Skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) serta 80 Skema Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi (PDUPT)” Ujar Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP. Selaku Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III dalam sambutanya.

Salah satu bentuk Transformasi Pendidikan Tinggi adalah implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka bertujuan untuk meningkatkan Relevansi Pendidikan Tinggi dengan kebutuhan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja di tingkat nasional dan global pada era digital dan Industri 4.0.

Seperti yang sudah disampaikan, pada Saat ini Kemendikbudristek sedang melaksanakan kebijakan Transformasi Pendidikan  tinggi melalui implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka bertujuan untuk meningkatkan Relevansi Pendidikan Tinggi dengan kebutuhan dunia usaha, dunia industry.

Kebijakan tersebut dikawal melalui regulasi yakni SN Dikti dan 8 IKU yang menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi, yakni 1). Lulusan mendapat pekerjaan yang layak; 2). Mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus melalui magang, proyek desa, berwirausaha, dll; 3). Dosen berkegiatan di luar kampus dengan mencari pengalaman industri 4). Praktisi Industri mengajar di kampus. 5). Hasil kerja dosen dapat digunakan masyarakat dan mendapatkan rekognisi internasional; 6). Program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia; 7). Kelas yang kolaboratif dan partisipatif berbasis proyek dan 8). Program studi berstandar internasional.

Kegiatan penandatanganan kontrak pada hari ini mencerminkan komitmen perguruan tinggi dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tingginya, sebagaimana amanat Undang – Undang No. 12 Tahun 2002 tentang pendidikan tinggi. LLDIKTI Wilayah III berharap pimpinan perguruan tinggi turut mengawal seluruh rangkaian proses pelaksanaan kegiatan dan memastikan laporannya dapat berjalan sebagaimana yang sudah diatur di dalam kontrak pelaksanaan.

“LLDIKTI Wilayah III yakin seluruh program yang sudah ditandatangani pada hari ini, yaitu program riset, pengabdian kepada masyarakat, kreativitas mahasiswa dan pemberdayaan desa, baik itu yang bersumber daru Ditjen Diktiristek dan Ditjen Diksi, dapat dilaksanakan dengan baik serta mencapai target luaran yang di targetkan serta dapat di pertanggungjawabkan penggunaan dananya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.” Ujar Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP.

Related Articles

Back to top button