DIDAKTIKA

BINUS Gelar Education Virtual Expo Jawab Kebutuhan Pameran Pendidikan di Tengah Pandemi

Pembukaan Acara BINUS EDUCATION Virtual Expo 2021 (BEVE). (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Baru-baru ini, para pelaku industri dalam skala global menyampaikan bahwa kedepannya industri membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan keterampilan dan kelincahan dalam menghadapi perkembangan teknologi digital yang sangat dinamis (Medcom, 2021). Hal ini mendorong SDM untuk memiliki kecerdasan intelektual dalam hal teknologi, kemampuan berkomunikasi, beradaptasi, dan bekerja dalam tim. Hal-hal tersebut menjadi tantangan bagi para generasi muda dalam mempersiapkan diri untuk meraih cita-citanya di masa depan.

Para generasi muda juga membutuhkan dukungan dan bimbingan dalam memilih pendidikan yang terbaik sesuai dengan minat dan bakatnya agar dapat memenuhi kebutuhan SDM di masa mendatang. Terlebih lagi, saat ini generasi muda juga dihadapkan pada tantangan akibat adanya pandemi COVID-19, yang dapat menghambat mobilitas dan kesempatan belajar apabila tidak segera ditemukan solusi yang tepat.

Oleh karena itu, dukungan dari seluruh ekosistem pendidikan sangatlah dibutuhkan agar para generasi muda semakin siap untuk masa depannya. Dengan semangat tersebut BINUS HIGHER EDUCATION menginisiasi pameran edukasi virtual bertajuk “BINUS Education Virtual Expo 2021 (BEVE)”. BEVE merupakan gagasan terkini dari BINUS HIGHER EDUCATION dalam menjawab kebutuhan para calon mahasiswa/i akan adanya platform pameran edukasi untuk mempersiapkan masa depannya kelak.

Hari ini (24/03) diadakan Opening Ceremony BINUS EDUCATION Virtual Expo (BEVE) sebagai pembuka dari berbagai rangkaian acara yang akan diadakan selama empat hari (24-27 Maret 2021).

Acara ini diresmikan oleh Rektor BINUS UNIVERSITY – Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM dan juga dihadiri oleh Kepala LLDIKTI Wilayah III Jakarta- Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc.,

BINUSIAN Leaders serta peserta yang berasal dari perwakilan Fakultas serta jurusan di BINUS UNIVERSITY, rekanan industri, rekanan sekolah, calon mahasiswa, serta orangtua.

BEVE 2021 ini diselenggarakan dengan teknologi digital yang dikembangkan secara mandiri dan menghadirkan pengalaman dimana pengunjung seakan benar-benar berada di dalam sebuah pameran pendidikan konvensional. Pengunjung tetap dapat menikmati semua program dan mengakses informasi yang ada di pameran secara gratis, mudah, dan aman dari gadgetnya masing-masing.

BEVE akan menghadirkan lebih dari 100 tenant yang terdiri dari unit-unit BINUS HIGHER EDUCATION seperti BINUS UNIVERSITY, BINUS Graduate Program, BINUS Business School, BINUS Online Learning, BINUS International, BINUS Northumbria School of Design, BINUS ASO School of Engineering. Selain itu diikuti oleh tenant-tenant dari lembaga pemerintah, rekanan industri, rekanan pendidikan, dan berbagai program kursus milik BINA NUSANTARA. Dengan adanya perhelatan virtual ini, para stakeholder dapat tetap saling bertemu dan membangun ekosistem pendidikan Indonesia, terutama dalam ranah digital.

Selain menghadirkan pameran pendidikan virtual, perhelatan BEVE 2021 juga akan diisi dengan berbagai kegiatan informatif dan menghibur, mulai dari talkshow, konsultasi pendidikan, hingga performance dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) BINUS UNIVERSITY. Acara talkshow akan menghadirkan narasumber inspiratif serta mengusung tema yang kekinian dan relevan dengan isu-isu generasi muda saat ini.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III juga turut hadir dalam perhelatan BINUS Education Virtual Expo (BEVE) 2021 dengan bergabung dalam virtual booth di Lantai 9 BEVE.

“Saya ucapkan selamat datang kepada semua pihak yang hadir ke acara BINUS Education Virtual Expo yang akan berlangsung selama 4 hari dari mulai hari ini, yaitu 24 Maret hingga 27 Maret 2021mendatang. Saya sangat mengapresiasi atas dilakukannya kegiatan ini yaitu BINUS Education Virtual Expo yang merupakan pameran pendidikan yang dilakukan secara daring, pertama kali dalam LLDIKTI Wilayah III”, ungkap Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc dalam sambutannya.

“Perhelatan ini bertujuan sebagai wadah berbagi inspirasi melalui pendidikan, peluang memperkaya wawasan serta pengembangan diri tanpa batas. Diharapkan dengan diadakannya pameran edukasi BINUS Education Virtual Expo ini dapat menjadi jembatan bagi calon mahasiswa, orangtua, serta seluruh stakeholder akan pendidikan berkualitas yang dapat menjawab kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang dapat membina dan memberdayakan masyarakat”, ujar Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM dalam sambutannya.

Diharapkan perhelatan BEVE 2021 ini dapat terus menjadi pionir dalam menghadirkan virtual education fair platform dengan memanfaatkan teknologi digital terkini. BEVE juga diharapkan dapat menjadi benchmark dalam upaya transformasi digital dalam dunia pendidikan sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia

Related Articles

Back to top button