DIDAKTIKA

Gandeng Kodim 05/03 Jakarta Barat, Upacara Bendera HUT ke-76 RI di Untar Diikuti oleh 4000 Sivitas Akademika 

Bersama 4000 Sivitas Akademika, Universitas Tarumanagara (Untar) berkolaborasi dengan Kodim 05/03 Jakarta Barat memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, menggelar Upacara Bendera secara daring pada Selasa (17/8). (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Bersama 4000 Sivitas Akademika, Universitas Tarumanagara (Untar) berkolaborasi dengan Kodim 05/03 Jakarta Barat memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, menggelar Upacara Bendera secara daring pada Selasa (17/8). Inilah bentuk kecintaan pada tanah air Indonesia yang sangat membanggakan karena para mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa semangat sekali mengikuti peringatan detik-detik proklamasi di lingkungan kampus Untar.

“Setiap tahun kegiatan ini diselenggarakan untuk menumbuhkan dan memperkuat rasa nasionalisme para mahasiswa. Sudah menjadi tanggung jawab Untar sebagai lembaga pendidikan tinggi, menangkal paham radikalisme masuk ke lingkungan kampus yang dapat merusak dan memecah persatuan bangsa. Walau di masa pandemi, tidak menyurutkan semangat para mahasiswa,” menurut Kepala Humas Untar, Dra. Paula Tjatoerwidya Anggarina, M.M. selaku Ketua Panitia penyelenggara.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan selaku Inspektur Upacara menyampaikan dalam amanatnya bahwa dalam situasi pandemi berbagai tantangan dan permasalahan yang datang akan menguji kemampuan setiap orang.

“Dengan dilandasi semangat persatuan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, pandemi dapat menjadi sebuah proses menuju bangsa yang tahan banting dan kokoh,” ujarnya.

Ditambahkan pula bahwa jangan sampai pandemi memudarkan semangat sivitas akademika Untar, inilah momentum untuk mengeluarkan segenap potensi yang dimiliki. Teruslah tampil sebagai teladan, motivator dan generator perbaikan dan perubahan untuk menghasilkan generasi bangsa yang unggul.

“Sebagai bentuk implementasi Untar untuk Indonesia, saat ini Untar telah melakukan berbagai kegiatan yang menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat dan bangsa Indonesia, diantaranya menjalin kerjasama dengan Pemerintah daerah, dunia Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), perguruan tinggi binaan, sekolah-sekolah, dan masih banyak lagi, untuk membagikan ilmunya dalam pelatihan dan pembinaan sesuai bidang ilmu.

Menutup amanatnya, Prof. Agustinus memberikan pesan kepada mahasiswa Untar yang menjadi harapan bangsa.

“Rajinlah belajar, tidak mudah menyerah, terus berjuang untuk menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. Jangan lupa untuk tetap memelihara semangat patriotisme dan nasionalisme bagi Indonesia tercinta,” tutupnya.

Upacara 17 Agustus kali ini berjalan dengan khidmat hingga akhir dengan Kapten Korps Perhubungan (CHB) Yeverson Zadrak Ayomi, Danramil Kembangan, Jakarta Barat sebagai Komandan Upacara. Prosesi acara diakhiri dengan pengumuman lomba-lomba seperti membuat poster dan konten video untuk memeriahkan HUT RI. Hidup Indonesia, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh! Merdeka!

Related Articles

Back to top button