DIDAKTIKA

Gandeng Universitas Esa Unggul, Untar Gelar Seminar Manajemen Kontruksi di Tengah Pandemi

Peserta Seminar Manajemen Konstruksi “Manajemen Risiko, Procurement, Manajemen Mutu dalam Industri Konstruksi Indonesia.” Seminar dibuka melalui live streaming oleh Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan pada Kamis (23/4). (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Universitas Tarumanagara (Untar) berkolaborasi dengan Universitas Esa Unggul menggelar Seminar Manajemen Konstruksi “Manajemen Risiko, Procurement, Manajemen Mutu dalam Industri Konstruksi Indonesia.” Seminar dibuka melalui live streaming oleh Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan pada Kamis (23/4).

Secara khusus Rektor menyatakan dukungannya terhadap seminar ini. “Indonesia membutuhkan terobosan-terobosan baru di tengah pandemi, yang sekiranya dapat dijawab melalui acara ini,” ujarnya.

“Seminar nasional bertujuan membahas permasalahan terkait bidang konstruksi Indonesia di tengah Pandemi Covid-19. Acara ini juga menjadi kesempatan bagi para mahasiswa S3 untuk mendapat tanggapan kritis mengenai topik yang dipresentasikan dari para peserta,” terang Ketua Jurusan (Kajur) Teknik Sipil sekaligus Ketua Program Studi (Kaprodi) S3 Teknik Sipil Untar Dr. Ir. Najid, M.T. yang juga sebagai narasumber kunci.

Menurut Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Esa Unggul Dr. Ir. Nofierni, M.M., inovasi baru dapat timbul melalui diskusi. “Hal-hal baru yang dapat menunjang bidang konstruksi di Indonesia dapat didiskusikan pada acara ini, yang kemudian dapat dirumuskan menjadi sebuah terobosan,” terangnya.

Hal senada disampaikan Dekan FT Untar Harto Tanujaya, S.T., M.T., Ph.D dalam sambutannya, yang berharap kegiatan ini dapat bermanfaat. “Semoga melalui acara ini permasalahan di bidang konstruksi dapat terjawab melalui pembahasan tentang apa yang harus dilakukan di situasi ini,” pungkasnya.

Kaprodi Magister Teknik Sipil Universitas Pelita Harapan Prof. Dr. Manlian Ronald A. Simanjuntak, S.T., M.T., Dmin. berharap akan ada luaran nyata yang dihasilkan dari acara ini.

“Executive Summary dari diskusi di seminar ini akan dibuat sebagai luaran untuk diberikan pada kampus dan Pemerintah agar acara ini dapat membawa dampak nyata,” tutur salah satu narasumber kunci tersebut.

Hadir sebagai narasumber mahasiswa S3 Teknik Sipil Untar Endah Murtiana Sari, S.T., M.M., Antho Thohirin, S.T., M.T., Prayudi, S.T., M.T., dan Yanti, S.T., M.T. Para mahasiswa memaparkan temuan dari disertasi yang diharapkan dapat memberikan pandangan tentang dunia konstruksi Indonesia di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini.

Turut menjadi narasumber kunci Prof. Dr. Ir. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D., Prof. Ir. Krishna Mochtar, MSCE, Ph.D., Prof. Dr. Ir. Sarwono Hardjomuljadi, M.T., M.H., Dr. Ir. Hendrik Sulistio, M.T., Dr. Ir. Syarif Burhanudin, dan Dr. Fahurrazin, M.Si.

Seminar Nasional disiarkan secara langsung melalui aplikasi Zoom. Acara ini dihadiri 430 peserta dari 47 perguruan tinggi, BUMN, Kementerian, serta konsultan dan kontraktor dari seluruh Indonesia. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close