DIDAKTIKA

Gilang Ramadhan Apresiasi Peluncuran Buku Proses Kreatif Sang Ayah Saat Menulis Biografi 

Musisi Gilang Ramadhan menerima buku Biography, a Lasting Legacy: Rahasia Maestro Biografi Ramadhan K.H. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Musisi Gilang Ramadhan mengenang ayahnya almarhum Ramadhan K.H. (RKH) sebagai sastrawan pejuang yang mengabdikan diri untuk bangsa dan negara Indonesia dan untuk kemanusiaan melalui karya sastra dan biografi. Karena itu, ia mengapresiasi jika ada penulis yang melanjutkan perjuangan RKH dengan mengabadikan dan menyebarluaskan proses kreatifnya dalam menulis biografi.

“Saya sangat appreciate atas hadirnya buku Biography, a Lasting Legacy: Rahasia Maestro Biografi Ramadhan K.H. Menulis Biografi yang Memikat dan Menyejarah sebagai Warisan Abadi. Buku ini bukan saja berisi panduan menulis biografi ala Ramadhan K.H., lebih dari itu mendokumentasikan prinsip dan nilai-nilai kemanusiaan yang dipegang teguh dan ditampilkan ayah saya dalam setiap karya biografinya,” ujar Gilang Ramadhan pada momen virtual book launch Biography, a Lasting Legacy dari QQ Kopitiam, FX Sudirman, Jakarta, Jum’at (8/1/2021).

Gilang juga mengucapkan terima kasih kepada penulis Zulfikar Fuad, atas ikhtiarnya menulis Biography, a Lasting Legacy karena tidak mudah mengingat dan lebih-lebih mengabadikan proses kreatif RKH menulis biografi dalam sebuah buku.

Ia juga berterima kasih kepada penerbit PT Gramedia Pustaka Utama yang menerbitkan dan mendistribusikan buku ini sehingga sampai di tangan pembaca, khususnya generasi muda penulis Indonesia, dengan harapan lahir lebih banyak lagi penulis-penulis biografi Indonesia yang produktif berkarya, demi meluaskan khasanah sastra dan sejarah Indonesia.

Peluncuran buku Biography, a Lasting Legacy ditandai dengan penandatanganan perjanjian penerbitan buku oleh Zulfikar Fuad dan Gilang Ramadhan, mewakili keluarga Ramadhan K.H., disaksikan Febriana Sugianto, Customer Relation Manager ALIFES by PT Media Kisah Hidup, perusahaan layanan produksi konten biografi yang didirikan Zulfikar Fuad. Zulfikar Fuad mengemukakan, sebanyak 50% dari royalti penjualan buku Biography, a Lasting Legacy ia dedikasikan untuk pendirian dan pengembangan Ramadhan K.H. Library yang digagas oleh Gilang Ramadhan.

“Ayahanda Mas Gilang Ramadhan, yakni alm Bapak Ramadhan K.H., maestro biografi dan sejarawan, adalah mahaguru yang sudah saya anggap seperti ayah kandung. Sepanjang 2002-2004 saya belajar intensif menulis biografi kepada beliau dan mendampingi beliau di berbagai acara. Sebagai muridnya saya terpanggil untuk mendukung rencana Mas Gilang Ramadhan untuk mendirikan dan mengembangkan Ramadhan K.H. Library,” imbuh Zulfikar Fuad.

Gilang Ramadhan menambahkan, selain didirikan untuk tujuan menjadi perpustakaan publik dengan koleksi mahakarya RKH beserta dokumen dan benda-benda bersejarah milik RKH, Ramadhan K.H. Library akan dikembangkan sebagai wahana berkebudayaan, yang diisi dengan kegiatan berkesenian, kesusastraaan dan kepenulisan, untuk mewariskan semangat RKH dalam berkarya.

Manajer Nonfiksi Gramedia Pustaka Utama, Andi Tarigan mengatakan, sosok K.H. Ramadhan mempunyai jejak-jejak yang patut diperhitungkan dalam industri perbukuan di Indonesia.

“Beliau adalah salah satu penulis biografi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kami mendukung sekali penerbitan buku dan juga gagasan pendirian Ramadhan K.H. Library, agar semangat RKH yang setia sebagai penulis biografi dan juga sastrawan pejuang akan terus ada.” ujarnya.

Back to top button