DIDAKTIKA

IPB Masuk Top 100 QS World University Ranking

Institut Pertanian Bogor di kawasan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jabar. (Dok: Istimewa)

Jakarta Review, Bogor – Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menduduki posisi Top 100 Dunia berdasarkan QS World University Ranking  2019, untuk kategori Pertanian dan Kehutanan.

Rektor IPB, Dr Arif Satria di kampus IPB Bogor, Jumat mengatakan, pihaknya akan terus berupaya menjalin kolaborasi internasional yang intensif dengan berbagai universitas terbaik dunia salah satunya dengan Wageningen University and Research yang menduduki peringkat pertama pada pemeringkatan kali ini.

Berdasarkan hasil pemeringkatan tersebut, IPB berada dalam satu grup (Ranking 51 – 100) dengan Yale University, Sydney University, Universitas Putra Malaysia (UPM), Hokkaido University, dan beberapa perguruan tinggi ternama lainnya.

Pada pemeringkatan QS WUR by subject Agriculture and Forestry yang baru saja dirilis ini, posisi IPB mengalami peningkatan dari ranking 79 ke ranking 74.

Sedangkan di Indonesia hanya dua perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan dalam kategori ini, yaitu IPB  dan Universitas Gadjah Mada  di peringkat 151 – 200.

Dalam waktu dekat, IPB dan Wageningen University akan melaksanankan kerjasama riset interdisipliner baru jangka panjang bertema  Smart Indonesian Agriculture: development, logistics and evaluation for animal protein production (Smart-In-Ag)” yang didanai melalui skema kompetitif INREF.

Strategi untuk sinergi sesama universitas terbaik dunia tersebut dilakukan IPB agar dampak signifikan dari riset yang dihasilkan tidak hanya untuk meningkatkan reputasi akademik melalui publikasi, tetapi juga untuk memperkuat proses peningkatan nilai tambah bagi industri dan pelaku UKM di Indonesia dalam menghadapi era industri 4.0.

Sebelumnya, di bulan Desember 2018 lalu, IPB juga meraih Top 40 The Most Sustainable University in the World dan Peringkat 2 di Indonesia versi UI Green Metric.

Di sisi lain, IPB juga mendapat anugerah Widyapadhi Peringkat 1 Nasional sebagai kampus paling inovatif. Penghargaan tersebut diberikan atas upaya IPB dalam mengembangkan inovasi dan komersialisasi inovasi yang dihasilkan.

Pada tahun 2018 IPB mencatatkan sebanyak 43 novasi dalam daftar 100+ inovasi paling prospektif di Indonesia. Hal ini menegaskan reputasi dan prestasi IPB  dalam menghasilkan karya akademik (publikasi dan inovasi) yang unggul.

Sumber: Antara

Related Articles

Back to top button