DIDAKTIKA

Konsisten Kembangkan Science, i3L Raih Peringkat 123 Nasional  

Novianto  Kasubag Subinfomasi dan Kerjasama LL Dikti Wilayah III berfoto bersama sejumlah narasumber yang tampil dalam acara i3L Media Gathering pada 5/11 lalu. (dok: win/jakrev)

Jakarta Review, Jakarta – Mulai berdiri sejak tahun 2014, Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) telah berhasil mendapatkan Akreditasi Institusi peringkat B yang baru saja diterbitkan SK AIPT-nya pada tanggal 26 Maret 2019 yang lalu.

Selain itu i3L juga berhasil menempati peringkat 123 dari total 3000 lebih Perguruan Tinggi, dalam pemeringkatan dan klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia tahun 2019 yang pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya diumumkan oleh Kemenristekdikti.

“i3L berdasarkan SK AIPT-nya pada tanggal 26 Maret 2019 yang lalu berhasil meraih akreditasi B. Kemudian dalam pemeringkatan dan klasterisasi Dikti yang diumumkan setiap tanggal 17 Agustus, kampus ini meraih peringkat 123 dari 3000an PTS dan PTN yang ada di Indonesia,” ujar Novianto  Kasubag Subinfomasi dan Kerjasama LL Dikti Wilayah III saat memberikan sambutan di acara i3L Media Gathering pada 5/11 lalu.

Menurut Novianto pihaknya selalu memantau kesehatan PTN dan PTS yang ada di Jakarta. Mengapa karena sejak berubah nama dari Kopertis menjadi LL Dikti, lanjut Novianto, lembaganya juga ditugasi untuk mengawasi dan membina PTN juga.

“Saat ini ada 313 PTS dengan 6 PTN yang kami bina pada saat kami masih bernama Kopertis. Dan kami akan selalu mendorong PTS untuk dapat meningkatkan terus prestasinya,” jelas Novianto.

Ratu Gayatri Kusumorasri Head Of Marketing Communication at Indonesia International Institute for Life-Sciences (i3L) mengapresiasi hasil pemeringkatan yang diraih oleh kampusnya.

Menurutnya hal tersebut bisa dicapai berkat dukungan dan kerjasama yang erat dari berbagai pihak terkait di Indonesia International Institute for Life-Sciences (i3L).

“Dengan berbagai pencapaian positif tersebut, i3L berkomitmen untuk terus menorehkan prestasi dalam kancah pendidikan Indonesia. Apalagi prestasi khususnya peringkat tersebut telah melampaui sejumlah kampus ternama yang telah lebih dulu berdiri dibandingkan dengan i3L. Tentunya berbagai prestasi tersebut merupakan hal yang sangat membanggakan dan patut untuk dibagikan kepada khalayak luas melalui media,” ujar Ratu.

Sekadar informasi, i3L memiliki 8 program studi (1 program studi pasca sarjana dan 7 program studi sarjana) yang aktif, tertib, dan taat azas dalam pelaporan PDDIKTI untuk setiap semesternya.

Kampus i3L berdiri pada satu kompleks bangunan delapan lantai dengan suasana yang tidak membosankan. Lantai-lantai kampus dan dinding nampak nuansa Nordik yang dominan kayu dalam garis rancang sangat sederhana namun fungsional. Adapun ruang praktik laboratorium mendominasi setiap lantai karena kampus i3L merupakan institusi riset besar yang hasil temuannya juga dikomersialkan. Selain itu kampus ini juga banyak bekerja sama dengan beberapa universitas asing antara lain Swedish University of Agricultural Sciences dan University of California, Davis. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close