DIDAKTIKA

LLDIKTI Gandeng PTS Jakarta Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel

LLDIKTI Wilayah III Jakarta dan perguruan tinggi swasta (PTS) Jakarta menyalurkan 300 paket kebutuhan pokok dan alat ibadah kepada korban banjir di Kalimantan Selatan. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Banjarmasin – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta dan perguruan tinggi swasta (PTS) Jakarta menyalurkan 300 paket kebutuhan pokok dan alat ibadah kepada korban banjir di Kalimantan Selatan.

Kepala LLDIKTI Wilayah XI Prof Udiansyah di Banjarmasin, Rabu, mengatakan bantuan serta kepedulian bagi korban dari perguruan tinggi swasta (PTS) yang berasal dari berbagai daerah terus mengalir dan berdatangan untuk membantu korban banjir yang melanda Kalimantan Selatan pada Januari lalu.

“Kali ini bantuan dan kepedulian berasal dari perguruan tinggi swasta (PTS) di bawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta yang datang ke kantor LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan di Banjarmasin,” ujarnya.

Kedatangan tim LLDIKTI Wilayah III Jakarta yang diwakili oleh Norsanty dan Wiji Murdoko serta perwakilan dari PTS Jakarta antara lain dari Universitas Esa Unggul, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI, Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, untuk menyerahkan bantuan berupa 300 paket sembako dan alat ibadah.

Udiansyah mengatakan mewakili masyarakat yang terdampak banjir, pihaknya menyampaikan terima kasih atas kepedulian dan partisipasi LLDIKTI III Jakarta dan PTS di Jakarta yang telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

“Semoga Allah membalasnya dengan ganjaran kebaikan yang berlipat ganda,” katanya.

Bantuan paket 300 paket sembako dan alat ibadah tersebut, telah disalurkan ke warga korban banjir di Desa Pembatanan Kabupaten Banjar sebanyak 150 paket.

Di daerah tersebut, tambah dia, bantuan langsung diserahkan oleh tim dan panitia kepada para korban banjir. Sedangkan sisanya, sebanyak 150 diserahkan ke posko bencana di Koramil Sungai Tabuk Kota Banjarmasin, yang akan disalurkan kepada para korban banjir di daerah tersebut.

Perwakilan tim LLDIKTI Wilayah III Jakarta Norsanty mengatakan kegiatan penyaluran bantuan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan peduli bencana LLDIKTI Wilayah III bersama Perguruan tinggi swasta di wilayahnya.

Sebelumnya, bantuan yang sama juga sudah disalurkan ke warga daerah Sumedang Jawa Barat yang terdampak bencana tanah longsor.

“Ini merupakan kegiatan kerja sama dengan perguruan tinggi swasta di lingkungan LLDIKTI wilayah III sebagai bentuk kepedulian kepada sesama. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan dapat meringankan kebutuhan masyarakat yang sedang terdampak bencana,” katanya.

Menurut dia, bantuan tersebut, merupakan salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya bidang pengabdian kepada masyarakat dan menjalankan salah satu wujud program merdeka belajar kampus merdeka yaitu relawan.

Tim perwakilan dari LLDIKTI III Jakarta dan perwakilan PTS Jakarta, membeli langsung barang yang dibutuhkan korban banjir.

Seluruh anggota tim yang datang ke Kalsel, tidak hanya mengorban dana tetapi juga tenaga serta pikiran untuk bisa meringankan penderitaan para korban banjir. Sebelumnya, PTS di bawah naungan LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, juga telah menyalurkan dana bantuan untuk membantu warga korban banjir di Kalsel.

Bantuan bukan hanya dalam bentuk dana dan paket sembako, tetapi juga pengobatan, pemulihan mental dan lainnya. Saat ini, seluruh PTS di Kalimantan bersatu, untuk mendorong bangkitnya kembali harapan warga korban banjir di Kalimantan.

Related Articles

Back to top button