DIDAKTIKA

LLDIKTI Wilayah III Jakarta Bersama Elemen Masyarakat Ikut Tanggap Bencana Gempa Cianjur

LLDIKTI Wilayah III Jakarta bersama dengan Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Jakarta, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), dan PT KALBE Farma ikut tanggap darurat bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,6 yang terjadi di Cianjur pada hari Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB telah menimbulkan banyak korban jiwa, setidaknya sampai saat ini tercatat 268 orang meninggal dunia dan ratusan orang mengalami luka-luka. Dan jumlah ini masih terus bertambah seiring Tim SAR gabungan bersama TNI-Polri melakukan pencarian korban-korban yang tertimbun runtuhan dan longsor.

LLDIKTI Wilayah III Jakarta bersama dengan Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Jakarta, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM), dan PT KALBE Farma ikut tanggap darurat bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sampai saat release ini diterbitkan (23/11/2022) bantuan dari LLDIKTI Wilayah III dan Perguruan Tinggi yang ada di Jakarta telah didistribusikan ke Cianjur Jawa Barat. Pendistribusian ini pula dibantu oleh Tim Redi atau Relawan LLDIKTI III.

“Pada dasarnya atas nama kemanusiaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III siap membantu dan terjun langsung ke daerah bencana untuk membantu para saudara kita yang terkena musibah, dan dalam hal ini LLDIKTI Wilayah III tidak sendirian melainkan dibantu oleh Perguruan Tinggi Swasta yang ada di wilayah DKI Jakarta yang juga berkolaborasi dengan elemen masyarakat. Tidak hanya itupula, kami LLDIKTI Wilayah III juga berkoordinasi dengan  petugas tanggap bencana secara langsung yang ada di Cianjur untuk perihal kebutuhan dan pendistribusian logistik serta obat obatan untuk para korban gempa Cianjur”, ujar Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani MP, selaku Kepala LLDIKTI Wilayah III dalam pengarahan Tim Relawan LLDIKTI III yang akan berangkat ke Cianjur.

Bantuan sebesar 90 Juta Rupiah dari Pimpinan Perguruan Tinggi yang ada di Jakarta sudah disalurkan ke beberapa kepala keluarga yang ada di Cianjur. Tidak hanya itu LLDIKTI Wilayah III juga bekerja sama dengan PT KALBE Farma untuk menyediakan bantuan berupa obat-obatan yang saat ini juga sudah didistribusikan kepada korban bencana gempa bumi Cianjur.

LLDIKTI Wilayah III juga membuka Posko Darurat yang berlokasi di Villa Bendera, Jalan Perwira 3A dan Jalan Perwira 5A, Desa Cugenang, dan di Desa Mangunkerta, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Saat ini bantuan tersebut sudah didistribusikan oleh Universitas Budi Luhur, Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama, Universitas Gunadarma, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI.

Bantuan yang sudah kami salurkan saat ini antara lain Kain Kafan, Terpal ukuran 40 Meter untuk 15 kepala keluarga, bantuan logistik sarapan pagi sebanyak 900 nasi bungkus yang sudah dibagikan untuk para pengungsi yang ada di Desa Mangunkerta, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

LLDIKTI Wilayah III Jakarta masih terus membuka dan menerima donasi, serta akan menyalurkan bantuan tersebut. *Donasi* dapat dikirimkan melalui nomor rekening *BNI 0909713498* atas nama *SOFA YULANDARI* atau bantuan berupa barang bisa langsung diantarkan ke posko sekretariat tanggap bencana Gempa Cianjur di kantor LLDIKTI Wilayah III, Lantai 1, Jalan SMA Negeri 14 Cawang Jakarta Timur.

Related Articles

Back to top button