DIDAKTIKA

Menjawab Perkembangan Teknologi Komunikasi LPPM LSPR Gelar KNP2K

Suasana salah satu kelas sesi panel makalah peserta KNP2K. (Dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – London School of Public Relations (LSPR) Jakarta melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) kembali menyelenggarakan Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bidang Komunikasi (KNP2K). Mengambil tema “Tantangan dan Terobosan Komunikasi Menyongsong Society 5.0”, KNP2K ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang komunikasi.

KNP2K sendiri diselenggarakan melalui berbagai kegiatan, yaitu call for abstract, seminar, presentasi dan diskusi melalui parallel session. Adapun gelaran puncak acara KNP2K bertempat di kampus LSPR Transpark Juanda Bekasi, hari kamis 5 September 2019.

Sekedar informasi KNP2K mendapat sambutan hangat para Akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi seluruh Indonesia dan para Praktisi Komunikasi yang turut terlibat sebagai peserta konferensi. Antusiasme peserta terlihat dari pengiriman abstrak yang sudah terkumpul sejak bulan lalu (5/7). Beberapa sub-tema yang diangkat dalam konferensi ini adalah Inovasi Komunikasi Bisnis dan Politik, Jurnalisme Digital dan Literasi Media, Etika dan Regulasi dalam Komunikasi Digital, Komunikasi Strategis Perusahaan, Komunikasi Sosial Budaya, Gender dan Budaya Populer, Public Relations dan Manajemen Krisis dalam Organisasi Pemerintah dan Perusahaan, Peran Digital Komunikasi dalam Mitigasi Bencana, Digital Komunikasi dan Masalah Lingkungan Hidup, Digital Komunikasi dan Perkembangan Demokrasi, dan Komunikasi Kesehatan.

Para peserta konferensi nasional yang telah melakukan penelitian dan menuliskan karyanya dalam bentuk artikel jurnal, berkesempatan untuk melakukan presentasi dan diskusi yang dilakukan secara paralel pada hari kamis (5/9).

Puluhan artikel terbaik dalam kategori Artikel Penelitian Terbaik dan Artikel Pengabdian Terbaik, berkesempatan untuk dimuat dalam Jurnal Terakreditasi Nasional Dikti dan Jurnal Nasional ber-ISSN. Seminar dan diskusi, diawali dengan Opening Remarks oleh Founder & Director LSPR Jakarta Prita Kemal Gani dilanjutkan dengan laporan KNP2K oleh Ketua Pelaksana KNP2K Rendro Dhani. Sedangkan acara pembukaan puncak acara KNP2K ini juga dihadiri oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Illah Sailah untuk memberikan Inspirational Speech. Hadir pula Education Specialist – Lead Google for Education – Indonesia Ganis Samoedra M.

Kesuksesan KNP2K sebelumnya memberikan dorongan sekaligus tanggung jawab bagi LSPR sebagai lembaga pendidikan di bidang komunikasi dalam memelihara semangat keilmuwan yang dikembangkan dalam bentuk berbagai penelitian ilmiah. Terinspirasi melalui pesatnya perkembangan teknologi komunikasi yang memunculkan berbagai fenomena baru dalamkajian ilmiah komunikasi. “KNP2K merupakan suatu ajakan bagi para peneliti di bidang komunikasi untuk mempersiapkan diri menyambut era society 5.0.

“Konferensi ini adalah ajang bagi para peneliti untuk bisa connect to each other, sekaligus memperluas dan mengembangkan insght kita diberbagai disiplin ilmu komunikasi,” ujar Ketua Panitia KNP2K 2019 Rendro Dhani.

Yuliana R. Prasetyawati sebagai Wakil Ketua KNP2K 2019 menyampaikan bahwa masih ada ketakutan dari masyarakat mengenai kehadiran revolusi industri 4.0 yang berpotensi mendehumanisasi manusia. Konsep society 5.0 yang menjadi tema KNP2K 2019 dapat menjadi jawaban agar pemanfaatan teknologi dapat menjadi media untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tema society 5.0 yang diangkat oleh Stikom LSPR melalui KNP2K 2019 ini mendapat apresiasi positif dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Illah Sailah yang menyatakan bahwa teknologi harus dapat digunakan dan bermanfaat untuk memanusiakan manusia.

Hal senada disampaikan oleh Ganis Samoedra M bahwa kehadiran kemajuan teknologi tidak dapat dihindari, tetapi yang tetap membuat teknologi akan terus berkembang adalah jika teknologi tersebut dapat membangun masyarakat menjadi lebih baik. Itulah yang diwujudkan dalam society 5.0.

Peserta KNP2K bukan hanya berasal dari Stikom LSPR Jakarta namun juga dihadiri oleh 17 perguruan tinggi yang ada diberbagai daerah di Indonesia seperti dari Universitas Dian Nuswantoro dari Semarang, Universitas Sriwijaya dari Palembang, Universitas Islam Indonesia dari Yogyakarta, Universitas Pembangunan Jaya dari Banten dan beberapa Universitas dari DKI Jakarta seperti Universitas Paramadina, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), Universitas Gunadarma, Universitas Bunda Mulia, Universitas Mercubuana, Universitas Islam Indonesia dan masing-masing peserta mendapatkan kesempatan untuk memaparkan artikel ilmiah dihadapan para peserta dan reviewer.

Konferensi ini diakhiri dengan penentuan 7 artikel terbaik kategori Artikel Penelitian dan Artikel Pengabdian. Penulis artikel terbaik diberikan penghargaan sebagai Anugerah Karya Terbaik KNP2K 2019. Acara penganugerahan ini disampaikan oleh Direktur LP3M/LPPM Dr. Rino F. Boer, sekaligus menutup seluruh rangkaian acara KNP2K 2019. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close